Kabar Bima

BKPSDM dan Diskominfo Kota Bima Uji Coba Absensi Elektronik Wajah

279
×

BKPSDM dan Diskominfo Kota Bima Uji Coba Absensi Elektronik Wajah

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dalam waktu dekat BKPSDM bekerjasama dengan Dinask Kominfo Kota Bima akan mulai menerapkan uji coba sistem absensi elektronik menggunakan wajah.

BKPSDM dan Diskominfo Kota Bima Uji Coba Absensi Elektronik Wajah - Kabar Harian Bima
Kabid Pengembangan SDM dan Penilaian Kinerja BKPSDM Kota Bima M Rosyd Rum. Foto: Eric

Kabid Pengembangan SDM dan Penilaian Kinerja BKPSDM Kota Bima M Rosyd Rum menyampaikan, penggunaan aplikasi tersebut sebagai wujud perubahan sistem pemerintah yang mengacu pada teknologi. Apalagi disaat Pandemi Covid-19, maka pembaharuan sistem juga harus dilakukan.

BKPSDM dan Diskominfo Kota Bima Uji Coba Absensi Elektronik Wajah - Kabar Harian Bima

“Saat ini setiap instansi pemerintah masih menggunakan absensi sidik jari, jadi kontak fisik pegawai melalui benda tersebut dikhawatirkan dapat mengantarkan virus,” katanya, Senin (29/9).

Rosyd menuturkan, untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 tentu dilakukan berbagai upaya. Selain menjaga pola dan perilaku hidup bersih dan sehat, juga dilakukan upaya alternatif lain dan absensi menggunakan wajah adalah salah satu terobosan baru.

“Bekerjasama dengan Diskominfo Kota Bima, untuk sementara pemasangan absensi untuk 12 OPD berjalan lancar. Pekan ini juga akan dilanjutkan pemasangan pada lingkup Sekretariat Daerah (Setda),” ujarnya.

Rosyd menambahkan, setelah uji coba ini berjalan dan berhasil sesuai rencana, maka diperkirakan tahun 2021 Pemerintah Kota Bima sudah mulai menerapkan absensi penggunaan wajah. Apalagi Dinas Kominfo sebagai mitra kerja telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang kinerja.

“Melalui absensi wajah inipula, unsur pimpiman daerah dapat memantau pelaksaan kerja setiap aparatur. Sehingga selaras dengan program kebijakan pemerintah yang akan menilai kinerja ASN dengan Tunjangan Kinerja (Tuki),” tambahnya.

*Kahaba-04