Kabar Bima

Dikbud Kota Bima Buka Pelatihan PKK Menjahit

374
×

Dikbud Kota Bima Buka Pelatihan PKK Menjahit

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota membuka kegiatan pelatihan Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) untuk program menjahit, di halaman PKBM Tiga Putra Kelurahan Rabadompu Timur Kecamatan Raba, Sabtu (3/10).

Dikbud Kota Bima Buka Pelatihan PKK Menjahit - Kabar Harian Bima
Foto bersama Kepala Dinas Dikbud H Syamsuddin dan Kepala PKBM Tiga Putra Siti Rahma serta jajaran Dinas Dikbud dan warga belajar Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) PKBM Tiga Putra Kelurahan Rabadompu Timur. Foto: Eric

Kepala PKBM Tiga Putra Siti Rahma dalam laporannya menyampaikan, anggaran pelatihan sebesar Rp 42 juta dengan lama proses kegiatan sebanyak 150 jam praktek dan teori dari narasumber.

Dikbud Kota Bima Buka Pelatihan PKK Menjahit - Kabar Harian Bima

“Pelatihan ini melibatkan 10 warga binaan yang berasal dari kelurahan setempat, untuk mengikuti kursus menjahit agar bisa memiliki keterampilan khusus didunia konveksi,” ujarnya.

Rahma menuturkan, tujuan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan ilmu serta ketrampilan di bidang menjahit. Apalagi para peserta yang dibina ini rata-rata berada pada usia produktif. Jadi diharapkan bisa menjadi generasi usaha mandiri.

“Kami optimis dengan pelatihan menjahit ini, ke depannya para peserta bisa membangun usaha mandiri atau bisa bergabung dengan usaha taylor lain,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Dikbud Kota Bima H Syamsuddin mengungkapkan, pelatihan ini merupakan bagian dari visi dan misi pemerintah daerah untuk menciptakan 10 ribu lapangan kerja. Sehingga bisa menekan angka pengangguran yang kini cukup meningkat, apalagi akibat pandemi Covid-19.

“Kepada peserta diminta untuk mengikuti seluruh rangkaian pelatihan, agar materi serta praktek langsung menjahit bisa bermanfaat kedepannya,” imbaunya.

Mantan kepala DLH itu menambahkan, setelah mengikuti seluruh rangkaian pelatihan. Warga belajar selanjutnya akan mengikuti proses tahap akhir yaitu uji kompetensi. Jika lulus maka akan memperoleh sertifikasi kompetensi keahlian secara nasional.

“Dengan sertifikat ini, maka warga belajar bisa memiliki peluang kerja yang sangat besar. Baik di lokasi usaha pada wilayahnya, perusahaan besar di dalam negara dan juga luar negeri,” tambahnya.

*Kahaba-04