Kabar Bima

Launching Bansos KPM PKH, Bulog Bima Mulai Distribusi Beras

257
×

Launching Bansos KPM PKH, Bulog Bima Mulai Distribusi Beras

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Bantuan sosial beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) diluncurkan, Perum Bulog Bima juga sudah mulai mendistribusikan beras, Sabtu (3/10)

Launching Bansos KPM PKH, Bulog Bima Mulai Distribusi Beras - Kabar Harian Bima
Launching Bansos KPM PKH di Bima. Foto: Yadien

Kepala Perum Bulog Bima, Sawaludin Susanto mengatakan, program tersebut sebenarnya dimulai sejak bulan Agustus lalu. Namun karena terkendala beberapa hal, bantuan itu akan didistribusikan bulan Oktober.

Launching Bansos KPM PKH, Bulog Bima Mulai Distribusi Beras - Kabar Harian Bima

“Nanti KPM akan terima semua bantuan beras ini langsung selama 3 bulan,” ujarnya.

Kata dia, jumlah beras yang akan disalurkan untuk bantuan itu sebanyak 1.600 Ton, akan dibagikan kepada 35.449 KPM PKH.

“Masing-masing KPM akan mendapatkan bantuan beras sebanyak 45 kg  selama 3 bulan,” katanya.

Ia mengungkapkan, beras yang disalurkan merupakan beras kelas medium. Kendati demikian, kualitas beras bagus dan telah diuji oleh Dinas Sosial bersama pendamping.

“Sudah diperiksa. Baik kuakitas beras, maupun berat beras per karung,” ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya siap bertanggung jawab dan akan ganti jika ada beras kualitas buruk yang didistribusikan. Namun jika ada timbangan beras yang kurang, itu bukan tanggung jawab Bulog.

“Kami sudah pastikan beratnya. Kalau kurang berarti ada yang nakal saat didistribusi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima Andi Sirajudin mengatakan, Bansos Beras KPM PKH tersebut didistribusikan berdasarkan aturan Kemensos tentang penyaluran bantuan JPS bagi KPM PKH saat Covid-19.

“Kemudian, aturan Bupati Bima tentang pendistrusiannya selama 3 bulan sekaligus. Yakni Agustus, September dan Oktober,” ujarnya.

Ia menambahkan, bantuan tersebut murni bantuan dari pusat, bukan bantuan politik. Sehingga tidak ada hubungannya dengan urusan politik meskipun didistribusikan menjelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima.

*Kahaba-10