Kabar Bima

AJI dan PWI Bima Tolak UU Cipta Kerja

247
×

AJI dan PWI Bima Tolak UU Cipta Kerja

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Belasan wartawan di Bima yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Bima menggelar aksi solidaritas terkait disahkannya UU Cipta Kerja, di Perempatan Gunung Dua, Kota Bima, Kamis (8/10).

AJI dan PWI Bima Tolak UU Cipta Kerja - Kabar Harian Bima
Wartawan di Bima saat aksi penolakan UU Cipta Kerja. Foto: Eric

Aksi tanpa orasi dan kampanye penolakan melalui pamflet bertuliskan Tolak UU Cipta Kerja, Gagalkan Omnibuslaw, AJI dan PWI Tolak UU Cipta Kerja, Wartawan Juga Buruh dipampang agar diketahui oleh para pengguna jalan. Aksi tersebut juga mendapat pengawalan dari aparat kepolisian.

AJI dan PWI Bima Tolak UU Cipta Kerja - Kabar Harian Bima

Koordinator aksi, Indra Gunawan mengatakan, UU yang telah disahkan tersebut diskriminatif. Pasalnya, sejumlah poin yang tertuang dalam UU tersebut seperti UMK bersyarat dan UMSK dihapus telah merugikan para buruh.

Kemudian pengurangan nilai pesangon juga tidak mencerminkan keberpihakan terhadap kerja – kerja buruh. Lalu PKWT atau kontrak seumur hidup tidak ada batas waktu kontrak.

“Kami Jurnalis juga buruh dan menyatakan penolakan terhadap terbitnya UU Cipta Kerja tersebut,” tegas pria yang juga Ketua PWI Perwakilan Bima.

Menurut Gunawan, aksi ini merupakan bentuk solidaritas terhadap seluruh buruh di Indonesia yang terkena dampak dari UU dimaksud. Demikian juga dengan buruh yang ada di Bima, termasuk para Jurnalis yang berkerja pada perusahaan media, akan merasakan dampak dimaksud.

Di tempat yang sama, Ketua AJI Bima Sofiyan As’ari menegaskan dengan adanya undang-undang omnibus law ini, pihaknya meminta kepada DPR dan Presiden untuk mengeluarkan Perppu, sebagai pengganti Undang-Undang Omnibus Law.

“Kami menolak pengesahan UU omnibus law. Karena ada beberapa klausul yang merugikan buruh, seperti aturan buruh kontrak, outsourcing, cuti haid, pesangon, semuanya akan memberangus kaum buruh,” katanya.

*Kahaba-01