Kabar Bima

Baznas Kota Bima Salurkan Bantuan Bedah Rumah dan Jamban Sehat

307
×

Baznas Kota Bima Salurkan Bantuan Bedah Rumah dan Jamban Sehat

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Untuk mensukseskan program pengentasan kemiskinan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bima bekerjasama dengan Baznas Provinsi NTB akan menyalurkan dana bantuan bedah rumah dan pembuatan jamban sehat di Kelurahan Tanjung.

Baznas Kota Bima Salurkan Bantuan Bedah Rumah dan Jamban Sehat - Kabar Harian Bima
Sekretaris Baznas Kota Bima H Muhdin. Foto: Eric

Guna terlaksananya program tersebut, pengurus Baznas Kota Bima diwakili Rahmat Wildan meninjau kelayakan rumah dan lokasi pembangunan jamban sehat, bersama Lurah Tanjung Faisal, Selasa (13/10).

Baznas Kota Bima Salurkan Bantuan Bedah Rumah dan Jamban Sehat - Kabar Harian Bima

Sekretatris Baznas Kota Bima H Muhdin menyampaikan, tujuan peninjauan tersebut untuk memastikan penerima bantuan tepat sasaran, serta lokasi pembangunan jamban sehat sesuai kebutuhan masyarakat umum.

“Kriteria penerima bantuan bedah rumah yaitu masyarakat tidak mampu, memiliki rumah sendiri atau memiliki surat kepemilikan sementara apabila belum memiliki sertifikat. Sedangkan untuk pembangunan jamban sehat, disesuaikan dengan titik lokasi kebutuhan warga,” paparnya.

Menurut dia, setelah verifikasi lapangan, pihaknya nanti akan menyalurkan bantuan dana agar bisa dilbelanjakan sesuai dengan kebutuhan program. Begitu juga dengan pembangunan jamban sehat, selama pekerjaannya akan didampingi pendamping.

Muhdin menyebutkan, jumlah dan nilai nominal bantuan untuk bedah rumah sebanyak 25 unit, masing-masing Rp 16 juta. Sedangkan pembangunan jamban sehat berjumlah 21 unit dengan nominal masing-masing Rp 3 juta.

“Semoga dari program ini dapat mengurangi jumlah rumah tidak layak huni, serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat. Begitupun dengan jamban sehat, untuk mensukseskan program pemerintah yaitu Buang Air Besar Nol (BAB-0),” katanya.

Sementara itu, Lurah Tanjung Faisal menyampaikan terima kasih untuk perhatian dan sumbangsih program tersebut, karena dapat maka dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Semoga ke depan, bisa ditingkatkan lagi agar bisa meningkatkan taraf kesehatan dan kesehjahteraan warga,” tambahnya.

*Kahaba-04