Kabar Bima

Pemkot Bima Raih WTP Keenam Kali, Walikota Terima Penghargaan

274
×

Pemkot Bima Raih WTP Keenam Kali, Walikota Terima Penghargaan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima menerima penghargaan dari Pemerintah RI atas Capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun 2020. Caiapain ini menjadi yang keenam kalinya berturut-turut untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2014 sampai dengan tahun 2019.

Pemkot Bima Raih WTP Keenam Kali, Walikota Terima Penghargaan - Kabar Harian Bima
Walikota Bima saat menerima penghargaan dari Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan (DJPb) Provinsi NTB. Foto: Dok Hum

Penghargaan Opini WTP diterima langsung Walikota Bima H Muhammad Lutfi dari Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan (DJPb) Provinsi NTB, Syarwan, mewakili Pemerintah RI, Senin (26/10) di Aula Kantor Walikota Bima.

Pemkot Bima Raih WTP Keenam Kali, Walikota Terima Penghargaan - Kabar Harian Bima

Walikota Bima menyampaikan apresiasi atas capaian WTP keenam kalinya. Ia berharap DJPb terus bersinergi untuk mendukung capaian ini ke depan.

“Kalau masih ada yang belum sempurna, misalnya Dana Kelurahan, mari kita bina dan perbaiki bersama SDM di Kelurahan. Begitu juga dengan yang lain agar lebih baik,” ajak Lutif.

Sementara itu, Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi NTB Syarwan mengatakan penghargaan ini terkait dengan capaian opini tertinggi dalam penyusunan laporan keuangan yang diraih Kota Bima yaitu WTP.

“Kalau sudah lebih dari lima kali berturut-turut memperoleh Opini WTP, maka ini capian yang luar biasa,” kata Syarwan.

Menurutnya, Opini WTP menggambarkan bahwa pengelolaan keuangan oleh Pemerintah Daerah itu sudah sangat baik, sudah sesuai ketentuan aturan baik dari pengadaan maupun pertanggungjawabannya.

Dengan WTP ini masyarakat makin yakin bahwasanya uang yang dikelola pemerintah sudah dilakukan dengan baik. Begitupun investor-investor yakin dan tidak akan ragu menanamkan modalnya di Kota Bima.

Selanjutnya Syarwan juga menyampaikan, masyarakat juga dapat didorong untuk mengembangkan UMKM. Ia menerangkan saat ini banyak pembiayaan yang dikucurkan pemerintah demi mendukung pengembangan UMKM.

“Misalnya ada Kredit Usaha Rakyat (KUR) bunganya sangat rendah itu sampai cuma 6 persen,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan piagam penghargaan dari Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharan Provinsi NTB kepada BPKAD Kota Bima sebagai mitra terbaik ketiga dalam penyampaian laporan keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2019.

*Kahaba-01