oleh

Peralihan Musim Pancaroba, Waspada Potensi La Nina

-Kabar Bima-5 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Peralihan musim kemarau ke musim penghujan telah terjadi hampir dibeberapa wilayah Indonesia. Untuk itu, BMKG Bima mengeluarkan peringatan kepada masyarakat Bima dan Dompu agar mewaspadai potensi La Nina yang akan terjadi di tahun ini.

Ilustrasi

Pengamat Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika-BMKG Bima Andini Ganiswari mengatakan, peralihan musim pancaroba dan fenomena iklim La Nina sangat perlu diwaspadai.

“Terjadinya curah hujan tinggi disertai petir, dapat menimbulkan potensi angin puting beliung. Termasuk, potensi terjadinya gelombang laut yang tinggi dapat terjadi dan juga harus diwaspadai oleh masyarakat pesisir,” katanya, Senin (26/10).

Diakui Andini, curah hujan dalam waktu sepekan terakhir ini di wilayah Bima dan Dompu terpantau meningkat. Itu disebabkan karena terjadinya anomali iklim La Nina yang ditunjukan dengan nilai indeks Nino 3,4  pada kisaran min 0,5 hingga min 10.

“Ini merupakan kondisi penyimpangan suhu permukaan laut Samudra Pasifik tengah dan timur yang lebih dingin daripada kondisi normal,” paparnya.

Ia menambahkan, pada musim peralihan ataupun pancaroba, biasanya kondisi cuaca tidak menentu. Maka Kewaspadaan bersama sangat dibutuhkan.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru