oleh

Gelar Kegiatan Parenting, TP PKK Sosialisasi Mendidik Anak di Masa Pandemi Covid-19

-Kabar Bima-7 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Tim Penggerak PKK Kota Bima terus berkomitmen meningkatkan kualitas orang tua dan guru dalam menciptakan generasi bangsa yang hebat, dengan menggelar kegiatan parenting peningkatan kualitas keluarga melalui pengasuhan positif dan metode pembelajaran PAUD dalam mendidik dan mengasuh anak dimasa pandemi Covid-19.

Foto bersama usai kegiatan parenting peningkatan kualitas keluarga melalui pengasuhan positif dan metode pembelajaran PAUD dalam mendidik dan mengasuh anak di masa pandemi Covid-19. Foto: Ist

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Seni Budaya (GSB) Senin (26/10) kemarin, dihadiri Wakil Ketua II TP PKK Hj Salmah H Mukhtar, fasilitator Hj Dewi Triyani, Kabid PNF Dinas Dikbud Abdul Hafid, serta perwakilan guru PAUD dan orang tua wali murid.

Hj Salmah H Mukhtar dalam sambutan menyampaikan, kegiatan yang digelar ini sebagai wadah sekaligus pedoman bagi orang tua maupun tenaga pendidik dalam mendidik anak, sehingga bisa menciptakan generasi yang cerdas, pintar dan berkualitas.

“Parenting merupakan cara memperbaiki kualitas sumber daya manusia, baik disaat ini hingga di masa yang akan datang. Karena peserta yang hadir akan diberikan pengetahuan mengenai apa yang dibutuhkan dan seharusnya dilakukan dalam mendidik anak, baik di rumah maupun di PAUD dimasa pandemi covid-19,” jelasnya.

Kata Salmah, pentingnya peran orangtua dan guru di masa pandemi Covid-19 yang saat ini masih terus masih berlanjut sangatlah penting bagi siswa. Agar setiap proses belajar anak baik di rumah dan juga di sekolah, dapat terpantau dengan baik.

“Mudah-mudahan peserta bisa mengaplikasikan ilmu yang disosialisasikan, bukan hanya di lingkungan keluarga dan sekolah, tapi masyarakat lain yang belum mengetahui agar bisa mengetahui cara mendidik dan mengasuh anak yang benar,” katanya.

Sementara itu narasumber kegiatan Hj Dewi Triyani menambahkan, ditengah pandemi Covid-19 ada beberapa metode dan cara untuk tetap mencetak generasi emas bangsa dengan melakukan berbagai program pembelejaran yang efektif.

Di antaranya menciptakan kondisi belajar yang nyaman pada anak, kemudian mengasah kreativitas anak melalui dunia maya atau penggunaan tekhnologi yang positif, lalu ciptakan komunikasi yang baik, guru dan orangtua murid tetap sabar dan telaten selama mendidik anak, pahami karakter anak, ciptakan kondisi lingkungan belajar yang bahagia dan beberapa contoh positif lainnya.

“Parenting merupakan bagian dari seni, oleh karena itu mari kita lakukan secara bersama dengan hati senang dan gembira. Sehingga anak bisa tetap belajar dengan tekun serta disiplin, ditengah pandemi wabah yang masih berlanjut,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru