oleh

Walikota Bima Buka Lomba Perahu Hias

-Kabar Bima-9 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Usai pelaksanaan Apel Pemuda dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) tanggal 28 Oktober 2020, Walikota Bima H Muhammad Lutfi membuka kegiatan Lomba Perahu Hias di Pantai Kolo.

Lomba Perahu Hias di Pantai Kolo. Foto: Dok Hum

Lomba yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HSP ke-92 tahun 2020. Lomba perahu hias ini diselenggarakan di sepanjang Pantai Kolo. Selain sebagai kalender event tetap Kota Bima, kegiatan lomba perahu hias ini menjadi event yang dinantikan oleh masyarakat Kota Bima.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima Hj Siti Jainab mengatakan, even perahu hias merupakan even tahunan yang ada di dinas Kelautan dan Perikanan yang sempat tertunda karena Pandemi Covid -19.

“Tujuan event perahu hias ini mengangkat kearifan lokal perahu nelayan sekaligus mempromosikan Pariwisata Kota Bima, dalam hal ini yaitu Wisata Bahari yang menjadi salah satu urat nadi perekonomian dan sosial budaya bagi nelayan Kota Bima,” jelasnya.

Adapun para juri yang menilai pada perlombaan perahu hias ini di antaranya, dari Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pariwisata, Syahbandar/KSOP Bima dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI).

Selanjutnya, kriteria yang dinilai yaitu, keindahan, kelengkapan, inovasi penumpang dan keselamatan. Kemudian kriteria peserta adalah kelompok atau mewakili nelayan Kota Bima, dengan jumlah minimal 2 (dua) orang setiap perahu dan jumlah maksimal disesuaikan besarnya perahu.

“Jumlah peserta lomba yang ikut sebanyak 100 perahu, mereka perwakilan nelayan Kota Bima yang rata-rata berdomisili di pesisir pantai seperti Kecamatan Asakota dan Kecamatan Rasanae Barat,” katanya.

Ia menambahkan, pelepasan perahu hias oleh Sekda Kota Bima H Mukhtar. Start awal dari kawasan Jembatan Pancala Pantai Kolo, sampai di finish di So Keu dengan jarak 100 meter. Di lokasi finish disambut oleh Walikota Bima beserta undangan yang hadir.

Diakhir sambutannya Kadis kelautan dan perikanan juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara dan stake holder.

“Semoga kegiatan event seperti ini terus terlaksana pada tahun – tahun berikutnya”,  harapnya.

Walikota Bima H Muhammad Lutfi saat sambutannya menyampaikan selamat Hari Sumpah Pemuda ke-92, dengan momentum Hari Sumpah Pemuda (HSP) diajaknya semua pihak untuk mencanangkan satu komitmen dimana pemuda-pemuda Kota Bima menjadi garda terdepan untuk melakukan penghijauan di Kota Bima.

Pada kesempatan tersebut juga H Muhammad Lutfi mengajak seluruh elemen masyarakat terutama pemuda untuk giat kembali menanam dan menghijaukan Kota Bima, karena pada saat ini Kota Bima mendapat predikat Kota terpanas se-Indonesia. Penghijauan ini juga rencananya akan menjadi program utama Pemerintah Kota Bima di tahun berikutnya.

“Mari kita saling bahu membahu untuk menanam kembali tanaman di Kota Bima sehingga bisa menurunkan derajat panas, ini akan terlaksana kalau Pemerintah, elemen masyarakat dan stake holder yang ada bisa bekerjasama,” ungkap H. Lutfi.

Selain itu, digugahnya agar para pemuda turut menjadi pioneer dalam mengedukasi masyarakat Kota Bima tentang pentingnya menggunakan masker, menjaga jarak dan mancuci tangan.

Disampaikannya pula, Pemerintah Kota Bima bersama BKPH Maria Donggomasa juga telah mengalokasikan anggaran di tahun 2021 sebagai gerakan perdana akan menanam di 2200 hektar pohon kemiri yang akan ditanam di wilayah Ncai kapenta dan Kolo semoga juga bisa diikuti oleh wilayah Kelurahan lainnya karena luas Kota Bima 221,5 Km/segi dengan harapan setengahnya saja dilakukan penetrasi penanam tanaman keras sehingga 5 (Lima) tahun ke depan suhu panas akan berkurang.

Diakhir sambutannya Walikota Bima menceritakan bagaimana cita-cita Wali Kota Surabaya untuk menurunkan setiap tahunnya 1 derajat dengan menanam kembali tanaman keras dan disetiap rumah memiliki halaman untuk di tanaman pohon sebagai penetrasi suhu. Langkah-langkah seperti ini juga nanti ke depannya yang akan menjadi harapan Wali Kota Bima untuk bisa dilaksanakan.

Usai penjurian dilakukan, didapatkan 10 perahu terbaik dan 1 perahu terfavorit. Adapun daftar juara lomba perahu hias tahun 2020 peringkat pertaman di raih oleh no kapal 48 dengan nilai 852, peringkat kedua kapal nomor 62 dengan total nilai 820. Di peringkat ketiga kapal nomor 22 dengan perolehan nilai 800, perolehan nilai 750 di urutan ke empat di dapat oleh kapal nomor 74. Kapal nomor 46 mendapat nilai 720 di urutan ke lima.

Di urutan ke enam kapal nomor 40 dengan total nilai 700, kapal nomor 5 berada di urutan ke enam dengan total nilai 680, nilai 650 didapat oleh kapal nomor 57 di urutan ke delapan, urutan ke sembilan didapat oleh kapal nomor 66 dengan total nilai 630 dan terakhir di urutan kesepuluh diraih oleh kapal nomor 36 dengan jumlah nilai 600.

Untuk juara favorit di dapat oleh kapal nomor 61 dengan penilaian langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bima. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penanaman 200 pohon cemara udang di sepanjang pantai kolo yang diharapkan bisa bermanfaat ke depannya.
*Kahaba-01

 

 

Komentar

Kabar Terbaru