oleh

Puskesmas Bolo Tutup, Seluruh Pegawai Akan Diswab

-Kabar Bima-5 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Agar penularan Covid-19 dapat dicegah, seluruh petugas dan pegawai di Puskesmas Bolo akan dilakukan Swab massal Senin (2/11) mendatang. Karena itu, mulai Minggu (1/11) besok, puskesmas setempat akan ditutup.

Kepala Puskesmas Bolo Nurjanah. Foto: Yadien

Kepala Puskesmas Bolo Nurjanah mengatakan, ada 8 pegawai puskesmas setempat yang terpapar Covid 19. Maka semua pegawai dan petugas kesehatan harus diperiksa dan diswab.

“Tidak terkecuali. Semua akan dilakukan swab nanti,” ujarnya, Sabtu (31/10).

Kata dengan, dengan swab massal, maka akan diketahui siapa-siapa saja yang terpapar corona dan tidak. Yang dinyatakan terpapar atau positif berdasarkan hasil swab akan dilakukan isolasi, sementara yang negatif akan kembali bertugas.

“Yang negatif akan bertugas setelah hasil swab keluar,” katanya.

Nurjanah mengungkapkan, pihaknya belum bisa memastikan sampai kapan puskesmas setempat akan ditutup. Karena, puskesmas baru bisa dibuka setelah hasil swab keluar.

“Hasil hasil swabnya telat keluar. Berarti akan lama juga puskesmas ditutup,” tuturnya.

Hingga saat ini sambungnya, dari 8 pegawai yang terpapar, ada yang masih melakukan isolasi, ada juga yang telah dinyatakan sembuh dan melewati masa ingkubasi.

“Kemarin itu yang diswab hanya beberapa orang berdasarkan traking contak saja. Sekarang kami akan swab massal,” bebernya.

Sementara itu kata dia, pasien yang saat ini sedang dirawat di puskesmas setempat sedang diupayakan dirujuk. Lalu, bagi masyarakat di Kecamatan Bolo yang mau berobat, bisa mendatangi pusat pelayanan kesehatan terdekat.

“Yang dekat dengan Soromandi boleh ke PKM Soromandi, yang dekat Madapangga bisa di PKM Madapangga. Atau boleh juga ke RSU Sondosia,” imbaunya.

*Kahaba-10

Komentar

Kabar Terbaru