oleh

Jemput Peluang Usaha, Pemuda Woro Dirikan Kedai Orumarau Coffee

Kabupaten Bima, Kahaba.- Geliat usaha dan ekonomi kreatif belakangan ini memang sedang menjamur. Meskipun perkembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Bima sedikit lamban di banding Kota Bima, namun sejumlah kelompok pemuda terus bergeliat dengan cara dan bidang masing-masing.

Soft Opening Kedai Orumarau Coffee. Foto: Yadien

Kali ini, sejumlah pemuda yang ada di Desa Woro Kecamatan Madapangga mendirikan kedai kopi yang diberi nama Orumarau Coffee. Kedai itu resmi dibuka Sabtu (31/10) kemarin di wilayah desa setempat.

Penanggungjawab Orumarau Coffee Fikri mengatakan, pembangunan kedai kopi itu dilakukan sebagai upaya menjemput peluang dan pasar yang sedang menjadi trend semua kalangan pemuda. Selain itu, usaha tersebut bukan semata-mata berorientasi pada bisnis, tapi juga upaya pengembangan sumber daya pemuda yang ada di desa setempat.

“Ini juga untuk merangkul dan menggali potensi pemuda Woro yang terpendam selama ini agar lebih produktif di bidang perekonomian,” paparnya.

Kata dia, tema besar malam soft opening yaitu peradaban dimulai dari ngopi. Peradaban yang dimaksud merupakan peradaban generasi muda dan segala potensi sumber daya  yang ada di setiap sektor.

“Ini harus mulai dibangun agar dimanfaatkan oleh warga Woro pada umumnya,” jelas Fikri.

Diungkapkannya juga bahwa dinamakannya kedai kopi itu Orumarau Coffee mengambil kisah yang melegenda di desa setempat. Konon Orumarau merupakan cikal bakal tempat pertama masyarakat Woro berada dahulu. Lalu meninggalkan banyak bukti sejarah seperti kuburan tua, alat dapur dan lain-lain. Kemudian ekspansi berkali-kali hingga terakhir di Desa Woro sekarang ini.

“Selain banyak bukti sejarah dimulai dari Orumarau, ternyata di sana tersembunyi wisata alam yang indah, bahkan jarang dieksplorasi masyarakat sekitar,” terangnya.

Melalui kegiatan ekonomi kreatif itu tambah Fikri, mereka juga akan menjadi pintu untuk mempromosikan destinasi pariwisata Orumarau.

*Kahaba-10

Komentar

Kabar Terbaru