oleh

Pemkot Bima Ingatkan Warga Waspadai El Nina

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota (Pemkot) Bima mengingatkan warga agar mulai mewaspadai bahaya El Nina atau curah hujan tinggi pada musim hujan kali ini. Agar tidak menyebabkan banjir, warga diimbau untuk mulai membersihkan saluran air.

Pemkot Bima Ingatkan Warga Waspadai El Nina
Kasubbag Pemberitaan Humas dan Protokol Pemkot Bima Dian Fitriany. Foto: Ist

Kasubbag Pemberitaan Humas dan Protokol Pemkot Bima Dian Fitriany mengatakan, Minggu kemarin sejumlah rumah di Kelurahan Nungga dan Dodu terdampak banjir gunung. Kondisi gunung yang gundul, membuat air hujan tidak tertampung dan masuk ke rumah warga.

Kejadian ini, membuat Pemkot Bima mengeluarkan imbauan kepada warga Kota Bima untuk mulai membersihkan selokan atau saluran-saluran air, sehingga ketika debit hujan tinggi maka tidak terjadi luapan.

“Harus kita akui, kondisi pegunungan saat ini gundul dan itu perbesar potensi banjir gunung,” kata Dian, Senin (2/11).

Diakuinya, ada beberapa tempat yang telah diidentifikasi tim siaga bencana Kota Bima, yang menjadi langganan banjir akibat gundulnya hutan. Seperti di Lingkungan Panggi dan Ni’u. Di dua tempat ini Pemkot Bima telah menormalkan fungsi drainase.

Ditegaskannya, bencana tidak akan bisa dihindari. Namun, bisa diantisipasi dengan menyiapkan tim siaga bencana yang ada. Kemudian, masyarakat juga bisa mengantisipasi dengan mulai membersihkan lingkungan sekitar sehingga potensi banjir bisa berkurang.

“Dari pemerintah sendiri sudah siap. Baik itu dari peralatan, personil hingga dukungan anggaran. Tapi tentu itu tidak cukup, tanpa ada partisipasi dari masyarakat,” tambahnya.

*Kahaba-01

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terbaru