oleh

Wakapolres Bima Kota Pimpin Rakor Persiapan Penanggulangan Bencana

-Kabar Bima-44 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Wakapolres Bima Kota Kompol Syafruddin pimpin rapat koordinasi lintas sektoral, dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di wilayah hukum Polres Bima Kota, Senin (9/11) sekitar pukul 09.00 Wita.

Rakor Persiapan Penanggulangan Bencana yang digelar Polres Bima Kota. Foto: Ist

Rapat yang dilaksanakan dalam ruangan Rapat Utama Polres Bima Kota juga dihadiri Pasi Ops Kodim 1608/Bima Kapten Inf Iwan.S, Staf Ahli Bidang Kesra dan SDM Kota Bima M Farid, Kabag Sumda Polres Bima Kota, Kepala BPBD Kota Bima yang diwakili oleh Kabid Darlog Faruk Irfan, para pejabat teras Polres Bima Kota, Camat se-Kota Bima, Basarnas Kota Bima dan tamu undangan berjumlah sekitar 25 orang.

Wakapolres menyampaikan, persiapan penanggulangan bencana alam ada 3 unsur yang penting dilaksanakan yaitu, Prabencana, tanggap bencana dan pasca bencana. Untuk itu, diharapkan kepada Basarnas Kota Bima agar memberikan informasi awal terkait dengan lokasi bencana alam di wilayah Kota Bima.

“Sarana dan prasarana dipersiapkan pada saat apel persiapan penanggulangan bencana nanti, supaya kita tahu apa saja yang menjadi kekurangan untuk segera dilengkapi,” katanya.

Wakapolres juga mengatakan, anggota dari Polres Bima Kota akan membawa semua peralatan dalam pelaksanaan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di wilayah hukum Polres Bima Kota.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Kesra dan SDM Kota Bima M Farid juga menyampaikan, tahun 2016 lalu terjadi banjir bandang di Kota Bima dan dampaknya sangat luar biasa dirasakan masyarakat. Sehingga Pemeritah Kota Bima mendapatkan dana untuk merelokasi aliran sungai, agar bisa mencegah lagi terjadinya bencana banjir.

“Kami akan libatkan Bhabinkamtibmas dan Babinsa disetiap kelurahan yang ada di Kota Bima untuk ikut serta dalam pemindahan relokasi ini,” harapnya.

Farid juga mengaku bahwa membuat aliran sungai dalam hal persiapan penanggulangan bencana alam itu adalah salah satu upaya Pemerintah Kota Bima dalam hal penanggulangan bencana.

BPDB Kota Bima adalah bidang yang berkaitan dengan Kesiapsiagaan dan bidang inilah yang berkoordiasi di lapangan pasca bencana, maupun sebelum bencana alam di wilayah Kota Bima.

“Nanti kami dari pihak Pemerintah Kota Bima bersama TNI/Polri dan instasi terkait akan melaksanakan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam yang rencananya akan dilaksanakan hari Kamis,” ujarnya.

“Kahaba-05

Komentar

Kabar Terbaru