oleh

Tahun 2021 DLH Kota Bima Fokus Tangani Sampah

-Kabar Bima-46 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Tahun 2021 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima masih fokus menangani sampah. Ini menjadi skala priorotas program karena jumlah produksi sampah rumahan dan tempat usaha meningkat.

Kepala DLH Kota Bima H Alwi Yasin. Foto: Bin

Kepala DLH Kota Bima H Alwi Yasin menyampaikan, untuk menangani sampah yang terus meningkat jumlahnya, DLH akan menerapkan program terobosan agar sampah cepat teratasi.

Program dimaksud seperti menerapkan penanangan sampah berbasis kelurahan, kemudian sosialisasi sampah bukan hanya tugas pemerintah tapi juga masyarakat. Lalu pembatasan penggunaan plastik dan memaksimalkan armada sampah di setiap kelurahan.

Untuk penanganan sampah berbasis kelurahan, pihaknya memetakkan beberapa wilayah yang belum terjangkau mobil sampah, agar pemerintah kelurahan bisa memaksimalkan armada dan penanganan sampah bisa lebih maksimal.

“Dengan kebijakan tersebut, pemerintah kelurahan yang memiliki armada sampah sendiri bisa menarik iuran kebersihan untuk membantu kelancaran mobilisasi kebersihan,” katanya, Senin (9/11).

Mantan Kadis Dikbud itu menambahkan, selain fokus penanganan sampah, tahun depan pihaknya juga tetap akan melakukan terobosan program kegiatan, terutama mewujukan kota rindang, bersih dan nyaman.

Bahkan direncanakan merubah beberapa taman yang ada, untuk dikembalikan pada fungsi semula yaitu hutan kota. Karena hutan kota bermanfaat untuk mengurangi degradasi lingkungan kota yang diakibatkan oleh akses pembangunan. Selain itu mempunyai fungsi perbaikan lingkungan hidup dan memiliki estetika.

“Hutan kota penting untuk keseimbangan ekologi seperti, kebersihan udara, ketersediaan air tanah, pelindung terik matahari, terhadap kehidupan satwa hingga bisa sebagai tempat rekreasi,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru