oleh

Bakesbangpol Gelar Sosialisasi Kesadaran Bela Negara

-Kabar Bima-40 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Kementerian Pertahanan Republik Indonesia bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bima menggelar sosialisasi pembinaan kesadaran bela negara, di halaman kantor setempat, Senin (9/11).

Foto bersama Walikota Bima, jajaran Bakesbangpol Kota Bima usai acara Bela Negara. Foto: Eric

Turut hadir dalam agenda tersebut, Walikota Bima HM Lutfi, Kepala Bakesbangpol Kota Bima Achmad Fathoni, Dirjen Bela Negara Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Brigjen Zubeir Levianto, serta perwakilan sejumlah kepala OPD, staf ahli, organisasi PMII, Ansor, karang taruna, PWI dan FKUB dan lembaga lain.

Walikota Bima HM Lutfi menyampaikan, membela NKRI merupakan bagian dari sikap dan karakter bangsa yang senantiasa mencintai tanah air. Tentu dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, pemerintah mengajak semua elemen bangsa untuk bersama menjaga keutuhan NKRI.

“Bela negara itu membutuhkan peran dan kontribusi segenap komponen, mulai dari masyarakat, organisasi, lembaga dan semua bisa agar wajib ikut berdasarkan profesi masing-masing,” ujarnya.

Lutfi menuturkan, bela negara yang dilaksanakan hari ini juga sebagai wujud rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diberikan para pahlawan. Sehingga kesadaran bela negara merupakan kewajiban dan juga sebagai upaya membangun sikap dan karakter bangsa.

“Sikap bela negara menjadi landasan sikap dan perilaku kita semua, yang diaktualisasikan dalam kehidupan sesuai dengan tugas dan profesi yang dimiliki,” katanya.

Mantan Anggota DPR RI 2 periode itu menambahkan, yang terpenting dari aksi bela negara adalah bagaimana semua pihak dapat membangun dan menanamkan sikap mental serta perilaku warga negara yang senantiasa menjaga dan mencintai tanah air.

Terutama bagi generasi muda yang akan menjadi penerus cita-cita bangsa, harus menjaga Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Diakhir acara, jajaran Kementerian Pertahanan membagikan sejumlah bantuan bagi seluruh peserta, seperti t-shirt, flasdisk, CD sebagai simbol semangat persatuan dalam menjaga keutuhan NKRI.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru