oleh

2 Atlet Panjat Tebing Kota Bima Melaju di Final PON Papua, Feri Minta Doa Masyarakat

Kota Bima, Kahaba.- Kabar gembira untuk Kota Bima dari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Karena pada Cabang Olahraga (Cabor) Panjat Tebing, 2 orang atletnya berhasil melaju ke final.

2 Atlet Panjat Tebing Kota Bima Melaju di Final PON Papua, Feri Minta Doa Masyarakat
Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan. Foto: Dok Hum

Ketua Umum FPTI Kota Bima Agus Salim mengatakan, pada kedua kemarin mempertandingkan nomor Lead Perorangan Putri, Boulder Perorangan Putra, Speed Word Recor Perorangan Putra dan puteri.

Di Nomor Lead Perorangan Putri, Tim NTB menurunkan 2 atlet andalan masing-masing Ayu Fatullah dari Kota Bima dan Anggun Yolanda dari Lombok Tengah. Jumlah peserta yang ikut pada nomor ini sebanyak 23 atlet dari berbagai provinsi.

“Sesuai aturan kompetisi Panjat Tebing, apabila kurang dari 30 peserta maka pelaksanaannya hanya dua babak, yaitu babak kualifikasi dan babak final,” ujarnya, kemarin.

Hasil di jalur pertama kata Agus, Ayu Fatullah mendapatkan nilai 31 dengan posisi peringkat 8, di jalur pemanjatan dua Ayu mendapatkan nilai 32 dengan posisi peringkat 5.

“Hasil dari kedua jalur pemanjatan ini, maka Ayu Fatullah menempati peringkat 7 dan berhak melaju ke babak final tanggal 3 Oktober nanti,” katanya.

Sementara itu, Ketua Harian FPTI Kota Bima, M Fauzi di lokasi pertandingan mengatakan, keikutsertaan Ayu Fatullah adalah kedua kalinya mengikuti PON. Pada event PON Jawa Barat tahun 2016 lalu, Ayu mengikuti Nomor Lead Perorangan Putri dan saat ini berada tepat di bawah garis hitam. Artinya saat itu Ayu peringkat sembilan 9.

Kemudian pada Nomor Boulder Perorangan Putra, Tim NTB menurunkan 2 atlet atas nama Azhar Wan Akbar dari Dompu dan Joni Kastria dari Lombok Timur. Pada nomor ini mengikuti aturan kompetisi babak lengkap (kualifikasi, semifinal dan final) dimana jumlah atlet yang bertanding sebanyak 34 atlit.

“Di nomor Boulder Perorangan Putra Joni Kastria menuju babak semifinal yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2021,” terangnya.

Hari ini, Rabu pagi (29/9) sambung Fauzin, akan dipertandingkan Nomor Boulder Tim Putri dan Nomor Lead Tim Putra. Di Nomor Boulder Tim Putri akan turun Nurul Iqamah dan Ayu Fatullah dari Kota Bima, Anggun Yolanda dari Lombok Tengah dan Ade Irma Suryani Kota Mataram.

Sementara, di Nomor Lead Tim Putra akan turun Azhar Wan Akbar dari Dompu, Joni Kastri Lombok Timur dan Zulius Mustofa Azi dari Kota Mataram. Kemudian sore nanti babak final Speed Word Recor Perorangan Putri, babak final nomor ini NTB diwakili oleh 2 atlit terbaik Nurul berada diperingkat 8 dan akan berhadapan dengan atlet Banten atas nama Rajiah Salsabilah.

Wakil Walikota Bima yang juga Ketua KONI Kota Bima Feri Sofiyan yang mendapatkan informasi berlaganya sejumlah atlet asal NTB di PON XX Papua memberikan semangat dan support. Ia percaya para atlet akan mampu mengharumkan nama NTB di ajang olahraga Nasional, termasuk atlet asal Kota Bima yang memperkuat squad NTB di Cabang Panjat Tebing.

“Kami mengharapkan doa seluruh masyarakat NTB, lebih lebih warga Kota Bima. Semoga di final nantinya para atlet kita dapat merebut medali emas,” harapnya.

*Kahaba – 01

Kabar Terbaru