NIK Tidak Terdaftar Saat Registrasi Seleksi CPNS, Ini Solusinya

Kabupaten Dompu, Kahaba.- Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara online dibuka, masyarakat berlomba-lomba untuk mendaftarkan dirinya sebagai pelamar. Namun, kendala yang mereka alami, Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tidak terdaftar saat melakukan registrasi. Dan itu seringkali terjadi.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Dompu Safrudin. Foto: Ist

Karena tanpa NIK yang benar, calon pendaftar tidak dapat melakukan registrasi untuk melakukan input data, dan masuk ke tahap berikutnya.

Mendapat keluhan tersebut, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Dompu Safrudin membenarkan adanya masyarakat yang datang ke Dukcapil, lantaran NIK yang dimiliki tidak terdaftar di situs BKN.

”Untuk hari ini saja, sedikitnya ada lebih dari 10 orang yang datang untuk klarifikasi NIK,” sebutnya, Rabu (3/10).

Menurutnya, ada 2 masalah yang membuat proses registrasi menjadi gagal. Pertama, jutaan pendaftar seluruh Indonesia yang melakukan input data berebut untuk masuk ke situs tersebut. Kemudian yang kedua, data yang di input belum di update oleh Dirjen Dukcapil Pusat,

Solusinya kata dia, dengan cara datang langsung ke Dinas Dukcapil. Kemudian akan diarahkan di bagian teknisi server.

“Kita arahkan ke bagian teknisi server, melakukan pengecekan di operator server, pekan lalu banyak yang melakukan pengecekan, rata-rata bisa,” pungkasnya.

*Kahaba-09

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *