Kabar Dompu

NIK Tidak Terdaftar Saat Registrasi Seleksi CPNS, Ini Solusinya

215
×

NIK Tidak Terdaftar Saat Registrasi Seleksi CPNS, Ini Solusinya

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Dompu, Kahaba.- Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara online dibuka, masyarakat berlomba-lomba untuk mendaftarkan dirinya sebagai pelamar. Namun, kendala yang mereka alami, Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tidak terdaftar saat melakukan registrasi. Dan itu seringkali terjadi.

NIK Tidak Terdaftar Saat Registrasi Seleksi CPNS, Ini Solusinya - Kabar Harian Bima
Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Dompu Safrudin. Foto: Ist

Karena tanpa NIK yang benar, calon pendaftar tidak dapat melakukan registrasi untuk melakukan input data, dan masuk ke tahap berikutnya.

NIK Tidak Terdaftar Saat Registrasi Seleksi CPNS, Ini Solusinya - Kabar Harian Bima

Mendapat keluhan tersebut, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Dompu Safrudin membenarkan adanya masyarakat yang datang ke Dukcapil, lantaran NIK yang dimiliki tidak terdaftar di situs BKN.

”Untuk hari ini saja, sedikitnya ada lebih dari 10 orang yang datang untuk klarifikasi NIK,” sebutnya, Rabu (3/10).

Menurutnya, ada 2 masalah yang membuat proses registrasi menjadi gagal. Pertama, jutaan pendaftar seluruh Indonesia yang melakukan input data berebut untuk masuk ke situs tersebut. Kemudian yang kedua, data yang di input belum di update oleh Dirjen Dukcapil Pusat,

Solusinya kata dia, dengan cara datang langsung ke Dinas Dukcapil. Kemudian akan diarahkan di bagian teknisi server.

“Kita arahkan ke bagian teknisi server, melakukan pengecekan di operator server, pekan lalu banyak yang melakukan pengecekan, rata-rata bisa,” pungkasnya.

*Kahaba-09