Kabar Dompu

PDAM Dompu Krisis Air, Pelayanan Tidak Maksimal

423
×

PDAM Dompu Krisis Air, Pelayanan Tidak Maksimal

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Dompu, Kahaba.- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Dompu belum lama ini mengakui terjadi krisis air bersih. Pelayanan air bersih untuk pelanggan pun belum maksimal dilakukan.

PDAM Dompu Krisis Air, Pelayanan Tidak Maksimal - Kabar Harian Bima
Ilustrasi

“Kondisi ini akibat kurangnya debit air di wilayah Dompu,” ungkap Direktur PDAM Kabupaten Dompu Agus Supandi, kemarin.

PDAM Dompu Krisis Air, Pelayanan Tidak Maksimal - Kabar Harian Bima

Ia meyakini, kekurangan debit air ini akibat musim kemarau panjang melanda wilayah Kabupaten Dompu. Sehingga menimbulkan stok air bersih untuk masyarakat berkurang.

Tidak hanya itu lanjutnya, kekeringan air bersih ini pun juga terkendala oleh musim tanam yang dinilai tidak sesuai dengan rencana. Hal ini pun menimbulkan banyaknya penggunaan air yang dialirkan ke lokasi lahan pertanian.

“Seharusnya di musim ini para petani menanam palawija. Namun, ternyata mereka malah menanam padi yang memang membutuhkan banyak air,” jelasnya.

Agus menyebut, sumber air PDAM ini ada di wilayah Kamudi Dompu. Artinya air yang mengalir di lokasi setempat dibagi menjadi 2 manfaat. Ada yang dialiri untuk kebutuhan lahan pertanian, juga kebutuhan penyaluran air bersih untuk para pelanggan PDAM.

“Ketika pintu air di lokasi tempat penampungan air di buka, maka akan lebih banyak mengalir secara di lokasi pertanian dan ketimbang di pipa PDAM. Artinya selama ini stok atau ketersediaan air ini lebih banyak mengalir di lokasi pertanian,” ungkapnya lagi.

Menurut pria berkumis tebal ini, mestinya untuk mengatasi agar kersediaan air PDAM tercukupi, harus diambil secara langsung diatas sarana penampungan (pintu) air. Artinya, PDAM bisa secara langsung menarik air melalui pipa tanpa menunggu di lokasi pintu air.

“Hal inilah yang ingin kami lakukan. Tapi sampai detik ini masih terkendala oleh berbagai hal,” terangnya.

Disinggung mengenai langkah PDAM untuk mengatasi kekeringan? pihaknya sejak dulu sudah menyurati Pemda Dompu melalui BPBD Dompu terkait langkah penangulanggan kekeringan air bersih, terutama di wilayah Desa Baka Jaya Kecamatan Woja dan di Desa Nowa.

Bahkan dirinya sudah mengirim rencana kegiatan termasuk gambarnya. Tapi sampai detik ini belum juga ditindaklanjuti alias realisasikan.

“Semoga saja apa yang sudah kami ajukan itu bisa segera direalisasikan,” harapnya.

*Kahaba-09