Kabar Dompu

Desa Mbuju Sasar RTLH Pakai Dana Desa

372
×

Desa Mbuju Sasar RTLH Pakai Dana Desa

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Dompu, Kahaba.- Pemeritah Desa Mbuju Kecamatan Kilo mengalokasikan dana desa untuk membedah sejumlah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik warga miskin.

Desa Mbuju Sasar RTLH Pakai Dana Desa - Kabar Harian Bima
Pengerjaan RUmah Tidak Layak Huni dari dana dana desa di Mbuju. Foto: Ist

Kepala Desa Mbuju Abdullah Mursalin mengatakan, bedah rumah tersebut sudah sesuai dengan amanat peruntukan Dana Desa (DD) yang sebagian untuk pemberdayaan dan pembangunan dalam hal infrastruktur.

Desa Mbuju Sasar RTLH Pakai Dana Desa - Kabar Harian Bima

“Infrastruktur artinya luas, ini infrastruktur pemukiman dan rumah tidak layak huni yang jadi objek,” katanya, Jumat (7/12).

Di Desa Mbuju kata dia, masih banyak keluarga yang belum tinggal di rumah layak huni. Sehingga Pemdes Mbuju berinisiatif mengalokasikan dana desa untuk membedah sejumlah rumah.

Bedah rumah tersebut, menurutnya, dapat dianggarkan dengan dana desa melalui program fasilitasi peningkatan kualitas rumah tidak layak huni.

”Intinya dana desa itu untuk peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Abdulllah mengatakan, dari sekitar 797 kepala keluarga (KK) di Desa Mbuju, masih terdapat 70-an rumah yang dianggap tidak layak, sehingga diusahakan untuk dilakukan perbaikan.

“Secara bertahap, sebanyak 70 unit RTLH akan kami bedah,” kata Kades.

Ditambahkannya, program ini terlebih dahulu ditujukan untuk 15 rumah tidak layak huni, dengan besar nilai Rp 8 juta per rumah. Ditargetkan, tahun depan sasaran dan besaran nominalnya akan lebih besar.

*Kahaba-09