Kabar Dompu

Satker Bulog dan Dinas Pertanian Dompu Cek Harga Gabah

375
×

Satker Bulog dan Dinas Pertanian Dompu Cek Harga Gabah

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Dompu, Kahaba.- Panen raya sudah mulai dibeberapa daerah di Kabupaten Dompu. Guna memastikan harga gabah GKP stabil di tingkat petani, Satuan Kerja (Satker) penyerapan gabah Bulog Cabang Bima yang membawahi wilayah Bima dan Dompu turun ke lapangan.

Satker Bulog dan Dinas Pertanian Dompu Cek Harga Gabah - Kabar Harian Bima
Satker Bulog dan Dinas Pertanian Dompu saat cek harga gabah. Foto: Ist

Kali ini, Satker Penyerapan Gabah/Beras Bulog turun ke Desa Kandai Dua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu dengan Tim dari Dinas Pertanian Kabupaten Dompu.

Satker Bulog dan Dinas Pertanian Dompu Cek Harga Gabah - Kabar Harian Bima

Pimpinan Perum Bulog Cabang Bima Sawaludin Susanto menyampaikan, berdasarkan hasil pengecekan Tim Satker dan Tim Dinas Pertanian  Kabupaten Dompu, di lapangan rata-rata hasil panen petani karena panen di musim Hujan Kadar Air (KA) 31 persen sampai dengan 33 persen dan padi yang di panen masih banyak butir hijau.

“Harga beli Satker dan Mitra Bulog pun bervariasi, karena harus merafaksi sesuai dengan kualitas mulai dari 3.900/kg sd 4.000/kg di sawah dengan KA di atas 30 persen. Jadi pada intinya harga gabah tidak jatuh, tapi memang harga menyesuaikan dengan kualitas gabah saat panen,” jelas Anto – sapaan akrabnya.

Kemudian sambung Anto, GKP dengan harga 4.200/Kg adalah GKP dengan KA maksimal 25 persen dan di luar kualitas itu akan dirafaksi karena berpengaruh pada randemen ke GKG dan beras hasil giling.

Kata Anto, Bulog juga mengimbau kepada petani, Poktan dan Gapoktan untuk dapat bermitra dengan Bulog dalam menjual hasil panennya. Bulog Cabang Bima siap memberikan pelayanan maksimal ke petani dengan sistim pembayaran “one day service” dimana Bulog menerima GKG depan pintu Gudang harga 5.300/kg dengan KA maksimal 14 persen dan beras medium harga 8.300/kg KA maksimal 14 persen.

*Kahaba-01