Kabar Dompu

Pengabdian untuk Masyarakat, Himkes STIKES Yahya Bima Gelar Pengobatan Gratis di Dompu

754
×

Pengabdian untuk Masyarakat, Himkes STIKES Yahya Bima Gelar Pengobatan Gratis di Dompu

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Dompu, Kahaba.- Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Yahya Bima melalui Himpunan Mahasiswa Kesehatan (Himkes) melaksanakan kegiatan bhakti sosial pengobatan gratis, di Desa Ranggo Kecamatan Poja Kabupaten Dompu, Sabtu (18/6).

Pengabdian untuk Masyarakat, Himkes STIKES Yahya Bima Gelar Pengobatan Gratis di Dompu - Kabar Harian Bima
Kegiatan pengobatan gratis Himkes STIKES Yahya Bima di Dompu. Foto: Ist

Ketua panitia kegiatan Nida Hairani menyampaikan, agenda ini merupakan bagian dari pengabdian kampus untuk masyarakat. Sekaligus mensosialisaskan betapa pentingnya menjaga kesehatan, dengan pemeriksaan kondisi sejak dini.

Pengabdian untuk Masyarakat, Himkes STIKES Yahya Bima Gelar Pengobatan Gratis di Dompu - Kabar Harian Bima

“Tujuan pengobatan gratis ini juga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat disejumlah daerah, di antaranya yang kami laksanakan hari ini di Desa Ranggo,” ujarnya.

Agar jasmani selalu dalam kondisi baik kata Nida, masyarakat harus bisa tetap menjaga pola hidup bersih serta rutin berolahraga. Karena dengan menjaga dua hal tersebut, masyarakat bisa terhindar dari sejumlah penyakit.

“Melalui kegiatan ini, mahasiswa juga bisa mempraktekkan ilmu yang mereka dapatkan sewaktu di kampus,” katanya.

Ketua Himkes Adi Apriadi menyampaikan terima kasih pada seluruh elemen yang sudah mendukung kegiatan sosial ini, sehingga dapat terlaksana degan lancar dan sukses. Terutama Pemerintah Desa Ranggo, Pemerintah Kecamatan Poja dan seluruh pihak yang terlibat dalam aksi kemanusiaan itu.

“Pengobatan gratis bukan kali ini saja kami gelar, namun sudah menjadi agenda rutin setiap tahun dilakukan disejumlah wilayah Bima dan Dompu,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ranggo Syarifudin mengatakan sangat mengapresiasi kehadiran Himkes STIKES Yahya Bima, guna memberikan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis untuk warganya. Pasalnya, selama ini kegiatan serupa belum pernah ada yang melaksanakannya, sehingga suatu kebahagiaan untuk masyarakat yang mendapatkan pelayanan.

“Pemerintah desa sangat berterima kasih, sekaligus mendukung penuh kegiatan sosial seperti ini. Bahkan bila kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan di desanya, dapat memberikan dampak positif,” tambahnya.

*Kahaba-04