Seleksi Wawancara Calon Anggota PPS Berlangsung 3 Hari

Kabar Kota Bima203 Dilihat

Kota Bima, Kahaba.- Seleksi wawancara calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum Tahun 2024 untuk 41 kelurahan yang ada di Kota Bima, akan dilaksanakan selama 3 hari. Dimulai dari hari Minggu, tanggal 15 sampai dengan 17 Januari 2023.

Seleksi Wawancara Calon Anggota PPS Berlangsung 3 Hari - Kabar Harian Bima
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bima Yety Safriati. Foto: Ist

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bima Yety Safriati menyampaikan, seleksi dimaksud sesuai Jadwal Pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 yang tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 534 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Keputusan KPU Nomor 476 Tahun 2022 Tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota.



Dijelaskannya, jumlah masyarakat yang mendaftar sebagai calon anggota PPS untuk 41 kelurahan di Kota Bima sebanyak 428 orang. Dari jumlah tersebut, yang dinyatakan lulus tahap penelitian administrasi dan berlanjut ke tahap seleksi tertulis sebanyak 421 orang.

Baca:   Beban Akhir Penyelenggara Pemilu

Pada saat pelaksanaan seleksi tertulis, hanya 404 orang calon anggota PPS yang hadir, sementara 17 orang lainnya tidak hadir. Terhadap 404 orang tersebut, KPU Kota Bima telah menetapkan calon anggota PPS yang dinyatakan Lulus Seleksi Tertulis dan akan berlanjut ke tahap seleksi wawancara sebanyak 338 orang.

“Jumlah calon PPS yang akan kita wawancara sebanyak 338 orang. Sesuai dengan Juknis Pembentukan Badan Adhoc, setiap kelurahan kita ambil 3 kali kebutuhan untuk ke tahap wawancara. Tapi ada juga yang dibawah itu, karena jumlah pendaftar di kelurahan tersebut kurang dari tiga kali kebutuhan,” beber Yety.

Baca:   Panwaslu Rekomendasikan Penggantian Ketua KPU Kota Bima

Ia mengakui, pelaksanaan seleksi wawancara untuk hari pertama dan hari kedua dibagi empat sesi. Kemudian untuk hari ketiga, hanya tiga sesi. Sementara lokasi pelaksanaan seleksi wawancara calon anggota PPS adalah Kantor KPU Kota Bima.

Untuk jadwal pelaksanaan seleksi wawancara tersebut, ditegaskan Yety, KPU Kota Bima telah mengumumkannya baik melalui media sosial KPU Kota Bima, maupun pada papan pengumuman yang ada di Kantor KPU Kota Bima.

Baca:   327 Pelamar Berkompetisi Ikut Seleksi Panwascam Kabupaten Bima 

“Untuk informasi lebih jelas terkait pelaksanaan seleksi wawancara ini, silahkan cek pengumuman melalui media sosial KPU Kota Bima, atau langsung ke kantor KPU Kota Bima,” terangnya.

Bagi calon anggota PPS yang akan mengikuti Seleksi Wawancara, Yety mengimbau agar mempersiapkan diri dan hadir tepat waktu.

“Untuk diketahui, pada pengumuman itu sudah disampaikan kapan pelaksanaan wawancara untuk setiap peserta, pakaian yang dikenakan serta lokasinya dimana sudah sangat jelas,” tambahnya.

*Kahaba-01


Komentar