Kabar Kota Bima

Tes CPNS Dibuka, Pemkot Bima Susun Kebutuhan Formasi

724
×

Tes CPNS Dibuka, Pemkot Bima Susun Kebutuhan Formasi

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kabar gembira datang dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI. Pasalnya pada tahun 2024, dibuka seleksi CPNS dan daerah diminta untuk menyerahkan kebutuhan formasi.

Tes CPNS Dibuka, Pemkot Bima Susun Kebutuhan Formasi - Kabar Harian Bima
Kepala BKPSDM Kota Bima H A Wahid. Foto: Bin

Kepala BKPSDM Kota Bima H Abdul Wahid mengatakan, berdasarkan surat BKN Nomor Lampiran 692/B-BP.01.01/SD/BI1/2023 tertanggal 5 Januari, diminta daerah untuk menyerahkan hasil penyusunan kebutuhan Formasi ASN tahun anggaran 2024 melalui Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN).

Tes CPNS Dibuka, Pemkot Bima Susun Kebutuhan Formasi - Kabar Harian Bima

“Saat ini pemerintah daerah melalui instansi terkait tengah menyusun jumlah dan jenis jabatan PNS berdasarkan analisis jabatan yang masih kosong. Sehingga nanti akan disusun dan disampaikan sebagai dasar permintaan kebutuhan pegawai,” jelasnya, Selasa 17 Januari 2023.

Diakui Wahid, jika dilihat dari kebutuhan pegawai saat ini daerah masih kekurangan tenaga teknis seperti dokter spesialis, guru senirupa, perpajakan, tenaga informasi teknologi (IT) dan kebutuhan lain.

Permintaan kuota untuk tes CPNS ini juga disesuaikan dengan kondisi daerah, karena pada beberapa tahun terakhir sudah banyak ASN yang telah memasuki masa purna tugas. Sehingga dipandang perlu untuk diisi, sebagai kebutuhan daerah agar dapat melanjutkan program pemerintah dan melayani masyarakat.

Mantan Sekwan DPRD itu menambahkan, direncanakan tes CPNS ini diselenggarakan bulan Juni 2023. Kepastiannya pun masih menunggu informasi dari pemerintah pusat, mengenai berapa jumlah kuota untuk Kota Bima dan tenaga apa saja yang dibutuhkan.

“Untuk informasi ini kami akan sampaikan pada publik, setelah mendapat kepastian dari pemerintah pusat,” tambahnya.

*Kahaba-04