Kabar Kota Bima

33 Anak di Kota Bima Diserang Penyakit Demam Berdarah

437
×

33 Anak di Kota Bima Diserang Penyakit Demam Berdarah

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bima di awal Tahun 2023 banyak menangani pasien mengidap penyakit DBD. Bahkan hanya dalam pertengahan Januari ini, sudah puluhan anak yang ditangani petugas medis.

33 Anak di Kota Bima Diserang Penyakit Demam Berdarah - Kabar Harian Bima
Salah satu anak di Kota Bima yang demam berdarah dan dirawat di RSUD Kota Bima. Foto: Eric

“Hasil pendataan kami ada 35 warga yang terserang DBD, pasien anak-anak sebanyak 33 orang dan dewasa 2 orang,” ungkap Humas RSUD Kota Bima Indri, Rabu 18 Januari 2023.

33 Anak di Kota Bima Diserang Penyakit Demam Berdarah - Kabar Harian Bima

Ia menjelaskan, dari 35 warga yang terjangkit sebagian besar sudah dipulangkan karena kondisi sudah membaik. Sedangkan puluhan pasien yang baru masuk dalam dua hari terakhir masih ditangani secara intensif oleh perawat dan dokter setempat.

“Sebagian besar pasien yang kami rawat saat ini anak-anak, dan terus dipantau kondisi kesehatan oleh dokter,” kata Indri.

Meningkatnya kasus DBD sambungnya, dipengaruhi beberapa seperti faktor perubahan cuaca, daya tahan tubuh yang buruk, lingkungan kotor, jarang menguras bak mandi, gigitan nyamuk dan faktor lainnya.

“Karena kasus ini sudah banyak terjadi, kami mengimbau masyarakat untuk membiasakan diri hidup bersih serta mengkonsumsi makanan higienis dan sehat,” katanya.

Indri juga mengimbau masyarakat, apabila ditemukan kondisi anak ataupun keluarga yang demam dan panas tinggi, agar segera dibawa ke rumah sakit supaya bisa ditangani cepat dan diberikan pengobatan.

Khusus penyakit DBD, penting bagi masyarakat untuk tahu apabila kondisi penderita yang sebelumnya demam tinggi kemudian tiba-tiba badannya kembali dingin, agar tetap dilakukan perawatan medis. Bukannya membawa pulang karena dikira sembuh, padahal kondisi pasien tersebut masih sakit dan harus mendapatkan perawatan intensif.

“Segera bawa anak atau keluarga yang mengalami gejala demam dan panas tinggi, sehingga bisa dirawat dengan baik,” imbaunya.

*Kahaba-04