KPU Lantik 123 Anggota PPS Kota Bima

Kabar Kota Bima54 Dilihat

Kota Bima, Kahaba.- KPU Kota Bima melaksanakan kegiatan Pelantikan dan Pembekalan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu Tahun 2024, di Hotel Mutmainnah, Selasa 24 Januari 2023. Kegiatan dimaksud juga dihadiri perwakilan pejabat, TNI dan Polri, jajaran Muspida dan seluruh PPS.

KPU Lantik 123 Anggota PPS Kota Bima - Kabar Harian Bima
Ratusan PPS Pemilu 2024 saat dilantik dan diambil sumpah janji oleh Ketua KPU Kota Bima. Foto: Bin

Ketua KPU Kota Bima Mursalim usai mengambil sumpah dan janji para PPS mengatakan, proses perekrutan PPS telah dilalui dengan jumlah pendaftar sebanyak 537 orang, kemudian yang mengikuti seleksi tertulis 421 dan ikut seleksi wawancara 338 orang.



“Yang hadir pada kesempatan ini dan dinyatakan lolos untuk dilantik sebanyak 123 orang. Masing-masing kelurahan memiliki 3 orang anggota PPS,” katanya.

Baca:   Kelelahan, 14 Penyelenggara Pemilu di Kota Bima Jatuh Sakit

Mursalim menyampaikan selamat kepada PPS terpilih, ini merupakan putra-putri terbaik di masing-masing kelurahan di Kota Bima yang telah melalui proses oleh KPU Kota Bima sesuai peraturan dan perundang-undangan.

Khusus pada PPS terpilih sambungnya, sesuai bunyi UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang tugas dan wewenang, salah satunya mengangkat petugas pemutakhiran data pemilih. Karena persoalan data pemilih, tidak mudah. Pasalnya bisa menjadi masalah saat hari pemilihan nanti.

Baca:   Rekapitulasi Suara Tingkat KPU Kota Bima Dimulai

“Maka yang direkrut petugas pemutakhiran data pemilih nanti, yang punya integritas, loyalitas dan bertanggungjawab. Jangan sampai bermain dan memiliki kepentingan,” tegasnya.

Kewenangan lain sebut Mursalim, mengangkat KPPS sebulan sebelum hari pelaksanaan pencoblosan. Dirinya mengingatkan, jangan sampai KPPA yang dipilih memiliki kepentingan lain dan bekerja melanggar peraturan.

Ia menambahkan, pada Pemilu 2025 nanti, akan dilaksanakan 5 pemilihan yakni DPRD Kota Bima, DPRD Provinsi NTB, DPR RI, DPD RI dan Presiden. Sehingga yang dipilih nanti masih menggunakan 5 kartu suara

Baca:   RPP LAWATA “Museum” Kepemiluan di Kota Bima Dinilai

“Kami berharap, PPS bekerja sesuai aturan, pegang teguh integritas, adil dan bertanggung jawab,” harapnya.

*Kahaba-01

 


Komentar