Naik Signifikan, Dana Hibah Kota Bima Tahun 2023 Sebesar Rp 41,3 Miliar

Kabar Kota Bima69 Dilihat

Kota Bima, Kahaba.- Alokasi dana hibah pada APBD Kota Bima tahun 2023 naik signifikan. Jika tahun sebelumnya dana hibah sebesar Rp 27,4 miliar, maka di tahun ini meningkat menjadi Rp 41,3 M.

Naik Signifikan, Dana Hibah Kota Bima Tahun 2023 Sebesar Rp 41,3 Miliar - Kabar Harian Bima
Kabid Anggaran BPKAD Kota Bima Iwan Setiawan. Foto: Bin

“Naik sekitar 30 persen, ya kenaikannya signifikan,” ujar Kabid Anggaran BPKAD Kota Bima Iwan Setiawan, Selasa 24 Januari 2023.



Diakui Iwan, kenaikan dana hibah tahun 2023 antara lain peningkatan untuk masjid dan musholla, kemudian anggaran KONI, Baznas dan yang lain pada pergerakan DAK non fisik berupa dana BOS, BOP untuk sekolah, PAUD dan kesetaraan swasta.

Baca:   KPK Nilai Integritas Pemkot Bima Rentan

Untuk dana hibah masjid musholla dan Ponpes Tahun 2023 sebutnya, sebesar Rp 14 miliar. Sementara Tahun 2022 sebesar Rp 8 miliar. Lalu alokasi untuk Baznas dari Rp 150 juta menjadi Rp 500 juta. Kemudian KONI Tahun 2022 Rp 1,1 miliar dan Tahun 2023 sebanyak Rp 4 miliar.

“Tempat ibadah dan Ponpes itu meningkat karena pengajuan masyarakat yang tidak bisa diakomodir tahun sebelumnya, maka diakomodir tahun ini,” jelas Iwan.

Baca:   Jelang Mutasi, Pemkot Bima Seleksi Jabatan Tinggi Pratama

Ia mengungkapkan, dari alokasi dana hibah tahun 2023 paling besar ada pada IAIN, yang tahun sebelumnya tidak dibelanjakan.

Disinggung meningkat signifikannya dana hibah tepat pada tahun politik ini? Iwan menjawab pemerintah tidak melihat apakah ini tahun politik atau tidak, tapi karena kebutuhan.

“Meningkatnya dana hibah ini tergantung kemampuan keuangan daerah,” pungkasnya.

Baca:   Isi Jabatan Kosong, Pemkot Bima Bakal Gelar Mutasi

*Kahaba-01


Komentar