Kabar Kota Bima

DP3A Kota Bima Rakor Pembentukan KRPPA

417
×

DP3A Kota Bima Rakor Pembentukan KRPPA

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bima menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama perwakilan kepala kelurahan dari 5 kecamatan, guna membahas pembentukan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (KRPPA).

DP3A Kota Bima Rakor Pembentukan KRPPA - Kabar Harian Bima
Rapat koordinasi pembentukan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (KRPPA). Foto: Ist

Kepala DP3A Kota Bima Syahruddin menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan bagian tindak lanjut dari keputusan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Nomor 70 Tahun 2021, tentang penetapan kota wilayah model desa ramah perempuan peduli anak.

DP3A Kota Bima Rakor Pembentukan KRPPA - Kabar Harian Bima

“Rakor ini sebagai bentuk persiapan awal, agar Pemerintah Kota Bima siap menghadapi pagelaran KRPPA di tingkat daerah, provinsi hingga nasional,” ujarnya Rabu 1 Februari 2023.

Ia menjelaskan, terdapat beberapa indikator dibentuknya KRPPA di antaranya ada pengorganisasian perempuan dan anak di desa, kemudian tersedianya data yang memuat pemilahan tentang perempuan dan anak, tersedianya peraturan.

Kemudian tersedia pembiayaan dari keuangan dan pendayagunaan asset untuk mewujudkan KRPPA, melalui pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, lalu persentase keterwakilan perempuan di pemerintah serta beberapa indikator lainnya.

“Sejumlah indikator yang kami bahas untuk mempermudah pelaksanaan program kerja ke depan, sehingga siap menghadapi ajang KRPPA,” katanya.

Syahruddin menambahkan, melalui Rakor ini, pihaknya optimis Pemerintah Kota Bima sudah siap mengikuti ajang tersebut, dengan menampilkan yang terbaik sehingga siap untuk dinilai oleh tim juri.

“Melalui persiapan lebih awal, maka kita bisa fokus bekerja dengan maksimal,” tuturnya optimis.

*Kahaba-04