Kabar Kota Bima

DPPKB Gelar Penyuluhan Peranan Pria dalam KB

401
×

DPPKB Gelar Penyuluhan Peranan Pria dalam KB

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dalam rangka meningkatkan kapasitas pelaksanakan tugas, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bima menggelar kegiatan penyuluhan dengan tema “Peranan Pria Dalam KB” yang dihelat di UPT KB Kecamatan Asakota, Rabu 8 Februari 2023.

DPPKB Gelar Penyuluhan Peranan Pria dalam KB - Kabar Harian Bima
Penyuluhan KB yang dihelat oleh DPPKB Kota Bima. Foto: Ist

Kepala DPPKB Nurjanah menyampaikan, saat ini perkembangan kependudukan dan keluarga menjadi titik sentral dalam pembangunan berkelanjutan, yang terencana disegala bidang. Seperti sejak program KB dicanangkan hingga kini tingkat partisipasi kaum laki-laki sangat masih cukup rendah, sehingga dikhawatirkan beberapa tahun mendatang laju pertumbuhan penduduk akan lebih sulit dikendalikan.

DPPKB Gelar Penyuluhan Peranan Pria dalam KB - Kabar Harian Bima

“Kesejahteraan keluarga lebih sulit diwujudkan jika pelaksanaan dan tanggung jawab program KB hanya kaum perempuan saja, maka dari itu diminta pada kader yang hadir untuk membantu pemerintah agar dapat meningkatkan partisipasi laki-laki dalam pelaksanaan program KB,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini pula, pihaknya meminta agar bisa memetakan problem yang timbul dalam pelaksanaan program
KB, khusus yang melibatkan laki-laki. Sehingga ke depan bisa dirumuskan strategi dan program kerja, agar peran kaum adam dalam pelaksanaan program KB dapat terlaksana dengan baik dan berkontinyu.

“Diminta pada para kader untuk intensi melakukan sosialisasi tentang penggunaan KB pada kaum laki-laki, sehingga target peningkatan pengendalian penduduk bisa tercapai sesuai program pemerintah,” katanya.

Mantan Kepala Diskoperindag itu berharap, apa yang telah diupayakan pemerintah daerah ini dapat meningkatkan peran laki-laki dalam KB. Bukan sekadar sebagai peserta KB pasif atau sekadar mendukung pasangan menggunakan alat kontrasepsi tertentu, melainkan diharapkan kaum laki-laki juga berperan dalam kesehatan reproduksi.

“Dengan adanya peningkatan partisipasi laki-laki, diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan ibu, bayi dan anak,” tambahnya.

*Kahaba-04