Kabar Kota Bima

Waspada, Hujan Masih Tinggi dan Potensi Cuaca Ekstrem

491
×

Waspada, Hujan Masih Tinggi dan Potensi Cuaca Ekstrem

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sudah beberapa hari terakhir curah hujan di wilayah Bima dan Dompu meningkat. Bahkan beberapa hari kemarin terjadi hujan yang menyebabkan banjir dibeberapa kecamatan sekitar wilayah Bima dan Dompu, menyebabkan lebih dari ribuan warga terdampak.

Waspada, Hujan Masih Tinggi dan Potensi Cuaca Ekstrem - Kabar Harian Bima
Kepala BMKG Bima Satria Topan Primadi. Foto: Kahaba

Kepala BMKG Bima Topan Primadi mengatakan, berdasarkan analisis dinamika atmosfer, saat ini di wilayah Bima dan Dompu terdapat gelombang atmosfer yang aktif yaitu gelombang rosby. Aktifnya gelombang tersebut menyebabkan meningkatnya pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Bima dan Dompu.

Waspada, Hujan Masih Tinggi dan Potensi Cuaca Ekstrem - Kabar Harian Bima

“Tanggal 27 Februari 2023, gelombang Rosby mulai bergerak menjauhi wilayah Bima dan Dompu. Namun potensi hujan di sekitar wilayah Bima dan Dompu masih tinggi, diperngaruhi adanya tekanan rendah di wilayah Bima dan Dompu,” jelasnya, Senin pagi 27 Februari 2023.

Menurutnya, kondisi tersebut diprakirakan akan bertahan hingga awal Maret. Tekanan udara wilayah Bima dan Dompu berkisar antara 1006 – 1010 hPa. Berdasarkan analisis terhadap streamline angin 3000 feet menunjukkan adanya pola belokan angin (shearline).

Adanya pola shearline menyebabkan adanya perlambatan angin dan terkumpulnya massa udara basah di sekitar wilayah Bima dan Dompu. Kondisi kelembapan atmosfer wilayah Bima dan Dompu cukup basah hingga lapisan 200 hPa yaitu berkisar antara 60-80% hingga akhir Februari 2023 dan pada awal maret kondisi kelembapan atmosfer wilayah Bima dan Dompu mulai berkurang.

Berdasarkan kondisi dinamika atmosfer tersebut, prospek cuaca wilayah Bima dan Dompu sepekan ke depan adalah, tanggal 27-28 Februari 2023 adalah berawan hingga hujan dalam intensitas ringan-sedang yang dapat disertai dengan kilat/petir dan angin kencang yang diprakirakan terjadi pada siang hingga sore hari dan terdapat potensi hujan dalam intensitas ringan pada malam hari.

“Pada tanggal 01 – 04 Maret 2023 cuaca umum wilayah Bima dan Dompu di prakirakan berawan dan masih terdapat potensi terjadi hujan dalam intensitas ringan hingga sedang pada siang hingga sore,” paparnya.

Di periode musim hujan yang masih berlangsung di NTB saat ini, masyarakat diharapkan dapat terus waspada akan adanya potensi bencana hidrometeorologis. Potensi bencana hidrometeorologi dapat terjadi secara tiba – tiba dan bersifat lokal seperti hujan lebat, angin kencang, tanah longsor dan banjir.

“Masyarakat juga diimbau untuk mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari,” imbaunya.

*Kahaba-01