Kabar Kota Bima

Rangkaian HUT ke-104, Dinas Damkar Tingkatkan Kapasitas dan Jiwa Korsa

400
×

Rangkaian HUT ke-104, Dinas Damkar Tingkatkan Kapasitas dan Jiwa Korsa

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 27 anggota Pemadam Kebakaran (Damkar) mengikuti rangkaian pelatihan dasar (Latsar) berupa pembinaan dan peningkatan kapasitas aparatur dengan tema membangun jiwa korsa, skill competition dan siraman rohani.

Rangkaian HUT ke-104, Dinas Damkar Tingkatkan Kapasitas dan Jiwa Korsa - Kabar Harian Bima
Petugas Damkar saat mengikuti peningkatan kapasitas dan jiwa korsa. Foto: Eric

Agenda yang dihelat di halaman kantor setempat, Jumat 10 Maret 2023 dihadiri Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Didi Fakhdiansyah, Kabid Pencegahan Ardi Firmansyah, pembina pelatihan dari TNI Asril serta puluhan peserta pelatihan peningkatan kapasitas.

Rangkaian HUT ke-104, Dinas Damkar Tingkatkan Kapasitas dan Jiwa Korsa - Kabar Harian Bima

Ardi Firmansyah menyampaikan, pelatihan tersebut intens dilaksanakan setiap tahun, disesuaikan dengan silabus program kegiatan yang telah disusun.

“Peningkatan kapasitas dan jiwa korsa ini untuk menyiapkan aparatur handal dan siap dalam kondisi apapun, guna menghadapi musibah disegala medan,” jelasnya.

Guna mempersiapkan tenaga terampil, handal dan kuat secara fisik maupun psikologis dalam segala kondisi sambung Ardi, maka peningkatan kemampuan ini akan dilaksanakan setiap bulan. Selain itu juga diberikan wawasan dan pengetahuan.

Melalui pelatihan ini, akan tercapai kondisi kebugagaran personil, sekaligus secara teknis mengetahui tata cara penanganan kebakaran dan keselamatan saat musibah terjadi di tengah masyarakat.

“Kami ingin seluruh personil telah tertanam sikap kesiapsiagaan terhadap adanya ancaman, tantangan dan penanganan bencana yang efektif dan tepat sasaran,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Didi Fakhdiansyah menambahkan, selain pelatihan dan peningkatan kapasitas, untuk menanamkan jiwa sosial keislaman, pihaknya akan menggelar tausyah dengan mendatangkan ustadz Islamuddin untuk memberikan ceramah keagamaan.

“Selain kuat secara fisik dan tanggap terhadap bencana, kami juga ingin menyiapkan petugas yang memiliki iman dan taqwa selama menjalankan tugas,” tambahnya.

*Kahaba-04