Kabar Kota Bima

Warga Bima-Dompu Waspada, Cuaca Diprediksi Ekstrem 4 Hari ke Depan

663
×

Warga Bima-Dompu Waspada, Cuaca Diprediksi Ekstrem 4 Hari ke Depan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- BMKG memonitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia. Hasilnya, menunjukkan kondisi dinamika atmosfer siginifikan yang berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk wilayah Bima dan Dompu.

Warga Bima-Dompu Waspada, Cuaca Diprediksi Ekstrem 4 Hari ke Depan - Kabar Harian Bima
Ilustrasi. Foto: Google

Kepala Stasiun Meteorologi
Sultan Muhammad Salahuddin
Satria Topan Primadi mengatakan, kondisi dinamika atmosfer yang mendukung pembentukan awan hujan yang cukup intensif dalam beberapa hari ke depan di antaranya, aktifnya gelombang Rossby Ekuator divergensi lapisan atas dengan kategori sedang (10-20 s-1) dan vortisitas kuat di lapisan 850 mb, 700 mb, dan 500 mb, didukung pula oleh suhu muka laut yang menunjukan anomali poistif (lebih hangat) serta aliran massa udara keluar (outflow) yang mendukung pertumbuhan bibit 98S.

Warga Bima-Dompu Waspada, Cuaca Diprediksi Ekstrem 4 Hari ke Depan - Kabar Harian Bima

“Pusat tekanan rendah dan sirkulasi siklonik yang membentuk daerah belokan, pertemuan, dan perlambatan kecepatan angin dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Bima dan Dompu,” katanya melalui siaran pers, Sabtu 8 April 2023.

Saat ini sambungnya, terdapat 1 bibit siklon tropis di wilayah Indonesia yaitu bibit siklon trorpis 98S, terpantau di Laut Timor sebelah barat daya Saumlaki, tepatnya di sekitar 9.7 °LS 129.3° dengan kecepatan angin maksimum 35 knot dan tekanan udara minimum sebesar 996 mb bergerak ke awah Barat Daya.

Beberapa wilayah yang patut diwaspadai memiliki potensi cuaca hujan sedang hingga lebat dapat disertai petir dan angin kencang yang dapat mengakibatkan bencana
hidrometeorologi (genangan, banjir, banjir bandang, angin kencang, puting beliung, hujan es dan tanah longsor) yaitu Kabupaten Bima berada di Tambora, Ambalawi, Bolo, Palibelo, Donggo, Madapangga, Soromandi, Wawo, Woha, Langgudu, Lambu, Wera, Belo, Lambitu, parado, Monta, Sanggar, Sape, Wera.

Kemudian di Kabupaten Dompu yakni di Pekat, Dompu, Huu, Pajo, Woja, Manggalewa, Kempo, Kilo. Sementara di Kota Bima di Mpunda, Raba, Rasanae Timur, Rasanae Barat, Asakota.

Potensi gelombang tinggi di wilayah Perairan Bima dan Dompu yakni, tinggi gelombang laut 1.25 – 2.5 meter. Perairan Utara Bima dan Pelabuhan Bima tinggi gelombang laut 2.5 – 4.0 meter dan Perairan Selatan Bima tinggi gelombang laut 2.5 – 4.0 meter.

Menyikapi kondisi tersebut, agar para pemangku kepentingan dan seluruh
komponen masyarakat dapat meningkatkan kesiapsiagaan terjadinya bencana alam
hidrometeorologi, khususnya di wilayah Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu.

*Kahaba-01