Kabar Kota Bima

Komitmen Pemenuhan Gizi, Dishanpan tekan MoU bersama 6 OPD

439
×

Komitmen Pemenuhan Gizi, Dishanpan tekan MoU bersama 6 OPD

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Kota Bima menjalin kemitraan dengan 6 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bersama dalam pemenuhan gizi masyarakat melalui pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis pangan lokal.

Komitmen Pemenuhan Gizi, Dishanpan tekan MoU bersama 6 OPD - Kabar Harian Bima
Foto bersama kepala OPD yang menandatangani MoU. Foto: Ist

Kepala Dishanpan Kota Bima Ichwanul Muslimin menyampaikan, penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) tersebut guna mencapai pelaksanaan program pemerintah yang bertujuan untuk mencapai pola pangan harapan dan penurunan angka stunting.

Komitmen Pemenuhan Gizi, Dishanpan tekan MoU bersama 6 OPD - Kabar Harian Bima

“6 OPD yang terlibat dalam kerjasama ini yakni DPPKB, Dikes, DKP, Dinad Koperindag dan Dinas Pertanian,” sebutnya, Selasa 11 April 2023.

Ia menjelaskan, latar belakang diadakan kerja sama ini untuk penguatan kolaborasi dalam mendukung komitmen Walikota Bima dan Wakil Walikota Bima dalam mempercepat akselarasi pembangunan daerah, juga agar perangkat daerah menjalin dan meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan tugas.

“Semangat kolaborasi akan lebih menjamin efektivitas pencapaian target kinerja, sebab memiliki sasaran kegiatan yang maksimal karena saling keterkaitan antara satu dengan yang lain. Hal ini sesuai dengan program kerja, yang bernuansa pola hidup sehat dan kebersihan lingkungan,” katanya.

Mantan Kabag Pemerintahan itu mengungkapkan, adapun sejumlah kolaborasi program yang akan dikerjakan ke depan seperti, monitoring dan evaluasi bersama kegiatan, database terpadu dalam berbagai kegiatan seperti pemberian makanan tambahan, penanganan stunting, gerakan gemar makan ikan, tersedianya pangan, dapur sehat atasi stunting, bazar pangan murah.

“Selain itu ada juga penyuluhan kesehatan, bimbingan budidaya tanaman, pemanfaatan pangan lokal, kebun B2SA, pengelolaan ekonomi sosial masyarakat hingga promosi pangan B2SA, ” katanya.

Sementara itu, Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Hidayaturrahman menambahkan, guna memudahkan jalannya program tersebut ke depan akan berupaya menyusun rencana aksi daerah dalam pencegahan dan penanggulangan stunting. Seperti intens mengelar sosialisasi dan pelatihan dengan melibatkan banyak peserta, kemudian tidak kalah penting dapat menghadirkan narasumber berkompeten untuk memberikan materi dan bimbingan.

“Komitmen bersama ini telah tertuang dalam kesepakatan MoU dan akan dikerjakan sesuai dengan bidang teknis masing-masing OPD. Sehingga apa yang menjadi harapan bersama, pencegahan dan penanggulangan stunting di Kota Bima bisa berjalan sesuai harapan,” pungkasnya.

*Kahaba-04