Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, Bakesbangpol Sosialisasi Pendidikan Politik

Kota Bima, Kahaba.- Untuk memberikan pemahaman dan kemampuan pengembangan tentang kehidupan berdemokrasi, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bima menggelar sosialisasi pendidikan politik untuk masyarakat, di Gedung Perpustakaan dan Kearsipan, Selasa 7 November 2023.

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, Bakesbangpol Sosialisasi Pendidikan Politik - Kabar Harian Bima
Sosialisasi pendidikan politik yang dilaksanakan Bakesbangpol Kota Bima. Foto: Eric

Hadir dalam kegiatan itu Kepala Bakesbangpol Kota Bima Muhammad Hasyim, Komisioner KPU Yeti Syafriati, Komisioner Bawaslu Khaerul Amar, Asisten I Setda H Alwi Yasin, serta perwakilan tokoh pemuda, organisasi dan juga masyarakat.

Kepala Bakesbangpol Kota Bima Muhammad Hasyim menyampaikan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait sistem dan pelaksanaan pemilu kedepan. Sehingga para masyarakat dapat menggunakan haknya sebagai pemilih dan memberikan suara pada Pemilu.

“Kami ingin melalui sosialisasi ini, peserta sadar akan hak dan kewajibannya sebagai masyarakat untuk memberikan hak pilih dalam mensukseskan Pemilu dan Pilkada serentak pada Tahun 2024 mendatang,” ujarnya.

Muhammad Hasyim menjelaskan, di tahun politik ini tentu banyak keterwakilan masyarakat yang maju menjadi calon legislatif, kepala daerah hingga kepala negara. Maka masing-masing masyarakat akan memberikan hak pilih yang berbeda.

Untuk itu, pemerintah mengajak dengan berbeda pilihan namun tetap bergandengan tangan dan selalu menjaga kondisi lingkungan yang kondusif, aman dan damai.

“Beda pilihan itu lumrah, tapi kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan demi terwujudnya pesta demokrasi yang aman dan damai,” katanya.

Sementara itu, Asisten I Setda H Alwi Yasin menyampaikan apresiasi pada jajaran Bakesbangpol yang intens melaksanakan kegiatan sosialiasi ini, serta terus mengajak masyarakat untuk memberikan hak pilih dalam pesta demokrasi yang diselenggarakan satu kali dalam lima tahun.

Pendidikan politik juga merupakan salah satu upaya yang tepat dalam menyatukan pemahaman masyarakat, kemudian memberikan sarana edukatif dan tersistematis guna membentuk pribadi masyarakat yang sadar politik, dan mampu menjadi pelaku politik demi sukses terlaksananya demokrasi.

“Kami ingin seluruh peserta agar dapat memanfaatkan pertemuan ini secara maksimal untuk menimba ilmu, berpartisipsi aktif selama kegiatan berlangsung,” tambahnya.

*Kahaba-04


Komentar