oleh

Cuaca Buruk, BPBD Imbau Warga Waspada

-Kabar Kota Bima-287 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Bulan Desember ini masyarakat khususnya nelayan diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian saat melaksanaan aktivitas di luar rumah, karena kondisi cuaca saat ini sering hujan lebat disertai angin kencang

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bima Faruq Irfan. Foto: Eric

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bima Faruq Irfan menyampaikan, hasil koordinasi dengan BMKG terkait situasi dan kondisi pada pekan ini, masih terdapat potensi hujan lebat, petir disertai angin kencang, gelombang cukup tinggi dan tanah longsor.

“Kami imbau kepada warga dan nelayan untuk meningkatkan kewaspadaan selama beraktivitas di luar rumah, karena kondisi cuaca buruk. Terutama para nelayan, untuk berhati-hati saat melaut,” inginnya, Kamis (10/12).

Kata Faruq, imbauan ini sehubungan dengan siklus cuaca tahunan yang diperkirakan terjadi sampai bulan April tahun depan. Bahkan diperkirakan cuaca buruk ini akan meningkat pada bulan Februari dan Maret mendatang.

Untuk mengetahui situasi dan kondisi cuaca pihaknya juga selalu berkomunikasi dengan TSBK dan TRC BPBD, untuk memantau dan memberikan laporan setiap perkembangan yang terjadi di lapangan. Terutama potensi bencana banjir dan longsor.

“Kami 24 jam bekerja dan terus memantau kondisi perkembangan terkini cuaca,” katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun sementara tambah Faruq, dalam sepekan ini akibat hujan lebat dan disertai angin kencang terdapat puluhan pohon tumbang dibeberapa titik jalan. Juga ada longsor di Kelurahan Jatiwangi, puting beliung di Kelurahan Matakando dan Kolo.

“Untuk wilayah terdampak puting beliung dan longsor, kami sudah lakukan upaya pemberian bantuan tanggap darurat,” tandasnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru