oleh

Setahun Polres Bima Kota Ungkap 47 Kasus Narkoba

Kota Bima, Kahaba.- Selama tahun 2020 hingga pertengahan bulan Desember, Sat Narkoba Polres Bima Kota mengungkap 47 kasus narkoba jenis Sabu-sabu dan jenis ganja serta obat keras terlarang lainnya.

Kasat Narkoba Polres Bima Kota IPTU Ramli. Foto: Deno

Kasat Narkoba Polres Bima Kota IPTU Ramli mengatakan, dari jumlah kasus yang diungkap tersebut, barang bukti yang diamankan sebanyak 299,74 gram Sabu-sabu, 1.293.06 gram Daun Ganja kering dan 100 strep obat trihexyphenidyl.

“Sebagian besar dari barang bukti tersebut sudah dimusnahkan, sebagiannya algi untuk uji laboratorium dan keperluan persidangan,” ungkapnya, Senin (14/12).

Diakui Kasat, jumlah tersangka dari kasus dimaksud sebanyak 66 orang. 58 tersangka laki-laki dan 8 tersangka perempuan. Dalam progres perkembangan kasus, hingga sekarang sudah 36 kasus yang sudah naik ke tahap 2, 7 kasus masih tahap 1 dan 4 kasus dalam tahap penyidikan.

“Semua tersangka sudah ditahan di Rutan Polres Bima Kota. Ada yang sudah jadi tahanan Jaksa dan juga yang masih tahanan polisi,” Ujarnya.

Jika dibandingkan tahun 2019 lanjut Mantan Kapolsek Menggelewa tersebut, pengungkapan kasus tahun sekarang menurun, karena jumlah kasus yang diungkap tahun lalu sebanyak 59 kasus. Dari jumlah itu, ditetapkan pelaku sebanyak 89 orang jadi tersangka, 75 tersangka laki-laki dan 14 tersangka perempuan.

Kemudian untuk barang bukti yang diamankan tahun lalu lebih sedikit dibandingkan tahun 2020. Tahun 2019 barang bukti Sabu-sabu diamankan seberat 183,75 gram dan 800,4 gram Daun Ganja kering.

Untuk menyelamatkan generasi bangsa dari bahaya virus narkoba tambah Kasat, tentu harus ada kerjasama yang baik antara polisi dan seluruh elemen masyarakat. Karena informasi masyarakat yang mengetahui tentang adanya transaksi jual beli narkoba, sangat diharapkan.

*Kahaba-05

Komentar

Kabar Terbaru