oleh

Damkar Berubah Jadi Dinas, Statistik Dilebur ke Kominfo

-Kabar Kota Bima-579 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Pada tahun 2021, terdapat perangkat daerah yang dileburkan dan ada yang dibentuk baru. Hal itu berdasarkan Perda Nomor 9 Tahun 2020 tentang perubahan atas Perda Kota Bima 5 Tahun 2016 tentang pembentukan susunan perangkat daerah Kota Bima.

Kabag OPA Setda Kota Bima Ihya Ghazali. Foto: Eric

Kabag OPA Setda Kota Bima Ihya Ghazali menyampaikan, perangkat daerah yang dileburkan yaitu Dinas Statistik yang akan digabungkan bersama Dinas Kominfo, sehingga berubah nama menjadi Diskominfostik dan berubah menjadi tipe B.

Sedangkan Dinas Pemadam Kebakaran status tipe C, namun karena bidangnya tersebut telah diambil dari Sat Pol PP, maka status Sat Pol PP berubah dari tipa A ke B.

“Perubahan nomenklatur inipula juga berpengaruh pada perangkat daerah Bakesbangpol yang sebelumnya tipe B menjadi status tipe A, karena ada 1 bidang baru yang ditambah. Sedangkan jumlah perangkat daerah tetap sama yaitu 29,” paparnya, Kamis (17/12).

Dengan adanya perubahan nama dan status Perangkat daerah, juga berimbas pada  pejabat dan staf yang mengisi jabatan pada OPD baru. Sedangkan dari segi penganggaran, hasil koordinasi dari instansi terkait sudah masuk dalam APBD tahun 2021.

“Untuk program kerja dan operasional kantor semuanya sudah disesuaikan dengan nomenklatur baru, sehingga tinggal pelaksanaan saja,” katanya.

Mantan Kabag Humas dan Protokol itu menambahkan, terkait jumlah dan penempatan pegawai untuk mengisi perangkat daerah yang baru, pihaknya belum bisa menjelaskan karena itu ranah Baperjakat dan tim teknis.

“Untuk penempatan pegawai, bisa langsung hubungi BKPSDM karena mereka yang lebih tahu,” sarannya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru