oleh

Ruang Tahanan Polres Bima Kota Over Kapasitas

Kota Bima, Kahaba.- Jumlah tahanan sebanyak 73 orang di ruang tahanan Polres Bima Kota melebihi kapasitas. Karena kapasitas blok tahanan hanya bisa menampung 45 orang.

Kasat Tahti Polres Bima Kota IPDA AH Wongso. Foto: Deno

Kasat Tahti Polres Bima Kota IPTU AH Wongso menyampaikan, jumlah 73 tahanan tersebut bukan saja tahanan Polres Bima Kota, juga tahanan yang titipkan Kejaksaan Negeri Bima. Kendati melebihi kapasitas, namun bisa disiasati agar kondisi para tahanan tidak terganggu.

“Tahanan perempuan ada dalam blok khusus perempuan dan tidak dicampur dengan tahanan laki-laki,” katanya, Senin (21/12).

Wongso menyebutkan, jumlah tahanan tersebut dari kasus narkoba sebanyak 26 orang tersangka, 3 di antaranya berjenis kelamin perempuan. Tersangka kasus Pidana Umum sebanyak 47 orang.

“Dari jumlah itu terdapat 34 orang menjadi tahanan titipan Kejaksaan Negeri Bima,” sebutnya.

Tahanan yang titip oleh Kejaksaan kata mantan KBO Sat Reskrim itu, konsumsi ditanggung oleh pihak Kejaksaan dan akan diberi makan 2 kali sehari, yakni makan pagi dan makan siang.

Setiap pekan juga sambungnya, petugas akan merazia ruangan tahanan, hanya saja selama ini petugas tidak menemukan barang terlarang seperti narkoba, sajam, senpi.

“Bagi pengunjung tidak diperbolehkan bertemu langsung dengan para tahanan selama pandemi Covid-19. Mereka hanya bisa menitipkan makanan ke petugas jaga,” katanya.

Ia menambahkan, tahanan yang baru masuk akan diperiksa kesehatannya oleh dokter dari Klinik Polres Bima Kota terlebih dahulu. Kemudian dilakukan rapid test jika tahanan akan dibawa ke Rutan Bima.

*Kahaba-05

Komentar

Kabar Terbaru