oleh

Faslilitasi Alumni Masuk Dunia Usaha, SMKN 4 Gelar Job Matching

Kota Bima, Kahaba.- Untuk menjembatani alumni masuk dan terjun dalam dunia kerja dan industri, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bima menggelar program kegiatan belajar unggulan yaitu Job Matching.

Faslilitasi Alumni Masuk Dunia Usaha, SMKN 4 Gelar Job Matching
Kepala SMKN 4 Kota Bima Faturahman bersama tenaga pendidik dan 35 Alumni saat kegiatan Job Matching. Foto

Agenda yang dilaksanakan melalui ruang kerja guru setempat selama 2 hari mulai Sabtu dan Minggu (19-20/12) tersebut dipimpin Kepala SMKN 4 Faturahman, alumni sekolah berjumlah 35 orang serta sejumlah perwakilan perusahaan, seperti Hokky Marr, CV Duta Cell, CV Makmur Jaya Abadi dan Tiga Bersaudara Bima.

Kepala SMKN 4 Kota Bima Faturahman menyampaikan, pelaksanaan kegiatan secara teknis diisi dengan pemaparan program kegiatan job matching disertai sosialiasi perusahaan. Kemudian keesokan harinya proses rekruitmen tenaga kerja oleh perusahan, dengan terlebih dahulu pengajuan surat lamaran, interview ataupun tahapan seleksi lainnya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan alumni SMK dengan dunia usaha dan industri di Kota Bima yang memerlukan tenaga kerja terampil dan siap bekerja dari lulusan SMK,” paparnya.

Faturahman menuturkan, maksud lain dari agenda tersebut untuk menjembatani beberapa perusahaan di Kota Bima agar bisa terus meningkatkan hubungan kerjasama yang baik dengan pihak sekolah setempat. Sehingga dapat membuka peluang bagi daya serap tamatan SMK untuk memasuki dunia kerja.

“Agenda ini semata-semata untuk memfasilitasi perusahaan melakukan rekruitmen tenaga kerja, dan memfasilitasi lulusan SMK kami untuk mendapatkan pekerjaan sesuai bidang atau bahkan keahlian yang dimiliki,” katanya.

Ia menambahkan, melalui job matching ini pihak SMKN 4 Kota Bima ingin membentuk Pusat Pengembangan Karir Siswa (PPKS) atau Bursa Kerja Khusus (BKK), sebagai wadah sekolah untuk menjembatani alumni dengan dunia kerja sehingga tidak ada yang menganggur ketika telah menamatkan sekolah. Apalagi pelaksanaan job matching ini dilakukan secara berkelanjutan, karena banyaknya alumni yang mendaftar dan siap bekerja di dunia usaha.

“Program baru unggulan sekolah ini membentuk dan membina soft skill atau karakter siswa, agar siap terjun dalam dunia kerja dan industri. Karena selama menempuh pendidikan selama 3 tahun mereka sudah memiliki keterampilan, hanya tinggal dipoles dan diberikan kesempatan saja,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terbaru