Kabar Kota Bima

Fajrin, Fasilitator La Rimpu Raih Penghargaan  The Best Innovation Delegation

276
×

Fajrin, Fasilitator La Rimpu Raih Penghargaan  The Best Innovation Delegation

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.-  Salah satu Fasilitator La Rimpu dari Kampung Sabali Kelurahan Kumbe, Kota Bima, Fajrin berhasil meraih penghargaan The Best Innovation Delegation (Peserta Terinovasi) pada kegiatan Inspirasi Negeri Untuk Masalembu.

Fajrin, Fasilitator La Rimpu Raih Penghargaan  The Best Innovation Delegation - Kabar Harian Bima
Fajrin menerima penghargaan The Best Innovation Delegation (Peserta Terinovasi) pada kegiatan Inspirasi Negeri Untuk Masalembu. Foto: Ist

Kegiatan ini diselenggarakan Youth Improwment Center of Indonesia (YECI Official) yang berlangsung mulai 14 Desember sampai dengan 20 Desember 2020 di Desa Legung Timur, Kecamatan Batang Batang, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Fajrin, Fasilitator La Rimpu Raih Penghargaan  The Best Innovation Delegation - Kabar Harian Bima

Peserta dari kegiatan tersebut terdiri dari 10 orang yang terpilih sebagai fully funded (Dibiayai penuh oleh panitia) dan sisanya Partial funded (Dibiayai sebagain oleh panitia) self funded (Dibiayai sendiri oleh peserta).

“Fajrin terpilih bersama 25 mahasiswa lainya dari ratusan mahasiswa yang mendaftar dari seluruh Indonesia,” ungkap Lily Marfuatun, Program Officer La Rimpu kepada media ini, Rabu (23/12).

Diakuinya, pemuda anak dari Nasrullah dan Juraidah yang sedang menempuh pedidikan di Jurusan Pendidikan Ekonomi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bima itu merupakan salah satu peserta yang terpilih melalui program fully funded. Pada kegiatan tersebut, ada 4 divisi yaitu divisi sosial ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lingkungan.

Sementara Fajrin bertugas sebagai divisi ekonomi bersama kedua temanya mahasiswa Binus University dan Universitas Turnojoyo Madura, salah satu program kerja yang dibawanya yaitu mengelola ikan laut di Desa Legung Timur menjadi produk ikan laut pedas.

“Program tersebut dinilai inovatif dan produk yang dibuatnya sangat bagus, sehingga Fajrin mendapatkan penghargaan The Best Innovation Delegattion,” terang Lily.

Selain membuat produk ikan laut pedas sambungnya, divisi mereka melakukan branding produk UMKM desa setempat, melatih sosial media marketing, serta membuat prakarya celengan bekas dari kardus bersama murid MI Legung Timur.

Menurutnya, Fajrin merupakan anak yang berprestasi. Selain mendapat penghargaan dari Youth Improwment Center of Indonesia sebagai The Best Innovation Delegation, Fajrin juga menjadi 1 st Winner National Bussnines Concept Competion, Top 15 LKTIN Universitas  Muhammadiyah Makasar, Top 10 Olimpiade Ekonomi Islam tingkat naisknal Universitas Mataram dan Top 15 LKTIN Universitas   Universitas Bangka Belitung.

*Kahaba-01