oleh

Sejumlah Organisasi Tanam Pohon di Gunung Kendo dan Oi Fo’o

-Kabar Kota Bima-102 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) bersama sejumlah organisasi lainnya seperti Tim Siaga Bencana Kelurahan (TSBK), BPBD, FTSB, LP2Dr dan Komunitas Vespa menggelar bakti sosial dengan menanam pohon di pegunungan Kelurahan Kendo dan Oi Fo’o, Senin-Rabu (28-30/12).

Penanaman pohon di Gunung Kendo. Foto: Ist

Ketua FPRB Anwar Arman menyampaikan, agenda sosial itu dilakukan sebagai wujud nyata para relawan menjaga kelestarian hutan. Apalagi mengingat intensitas hujan yang semakin tinggi, maka perlu digalakan gerakan penanaman.

“Penanaman ini semata-mata untuk menyelamatkan kondisi hutan yang sudah tidak terawat dengan baik. Jadi kita bisa menyelamatkan daerah tangkapan air yang saat ini mulai gundul akibat penebangan liar,” ujarnya.

Arman menuturkan, lokasi penanaman tersebut dilaksanakan di 2 tempat yaitu di Kelurahan Kendo dan Oi Fo’o. Sementara jenis pohon yang ditanam yaitu trembesi, durian, mahoni, mangga dan beberapa jenis lain.

“Dengan menanam maka kami optimis pohon dapat tumbuh dengan baik dan mampu menjaga ketersediaan air sekaligus menjaga kesuburan tanah,” terangnya.

Sementara itu Ketua FTSB A Munir menambahkan, aksi tersebut wajib untuk melindungi dan melestarikan hutan. Maka dibutuhkan komitmen bersama antara seluruh elemen bersama pemerintah.

“Inshaa Allah dengan kerjasama ini maka hutan dapat kita jaga dan lindungi. Karena dengan begitu, anak cucu kita nanti akan menikmati hasilnya,” tambah Munir.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru