oleh

Secara Resmi Alfamart Belum Ajukan Izin Beroperasi di Kota Bima

-Kabar Kota Bima-791 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Retail modern Alfamart rencananya akan hadir di Kota Bima. Kendati belum diketahui berapa jumlahnya yang akan masuk, namun hingga saat ini pihak Alfamart belum mengajukan izin secara resmi.

Plt Kepala DPMPTSP Kota Bima Adisan. Foto: Bin

Plt Kepala DPMPTSP Kota Bima Adisan menjelaskan, informasinya memang Alfamart akan masuk beroperasi di Kota Bima. Namun sebelum dirinya menjabat kepala dinas tersebut, pihak Alfamart sudah bertemu dengan kepala daerah dan pihak dinas terkait.

“Baru rencana, kami juga belum tahu berapa unit jumlahnya,” ujar Adisan, Rabu (6/1).

Menurut dia, sejauh ini pihak Alfamart belum menyampaikan izin secara resmi. Kendati akan masuk, ada beberapa tahapan yang akan mereka lakukan sebelum mengajukan izin. Seperti yang terpenting yakni melakukan sosialisasi.

“Prasyarat yang harus dipenuhi harus melakukan sosialisasi lebih awal, terutama kepada masyarakat dan pelaku usaha mikro yang ada di sekitar, untuk mengukur penerimaan terhadap masuknya retail modern ini, kemudian terbangun kesepakatan,” jelasnya.

Adisan menyebutkan, sesuai kewenangan dinasnya, izin yang dikeluarkan untuk Alfamart yakni izin usaha toko modern, nomor induk berusaha, SIUP. Sementara persyaratan jika hendak beroperasi yakni profil perusahaan, KTP, UKL UPL, NPWP, Fotocopy IMB atau SPPT atau PBB atau bukti tempat sewa usaha, akte pendirian usaha, rekomendasi dari dinas teknis seperti Dinas Koperindag dan Dinas PUPR.

Pada prinsipnya tambah Adisan, pemerintah akan welcome kepada siapapun yang mengajukan izin. Pemerintahan juga akan menerima investasi yang hadir, selama itu bisa menguntungkan daerah dan masyarakatnya.

“Saya pikir substansinya retail ini juga akan membantu usaha mikro yang ada di Kota Bima,” tambah pria yang baru beberapa hari menjadi Kepala DPMPTSP Kota Bima tersebut.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru