oleh

Walikota Bima Pimpin Jumat Bersih di Bantaran Sungai Padolo-Rontu

Kota Bima, Kahaba.- Walikota Bima H Muhammad Lutfi memimpin kegiatan Jumat bersih sekaligus peninjauan lokasi penanganan kawasan kumuh di Kelurahan Rontu, tepatnya pada bantaran sungai Padolo-Rontu, Jumat (29/1).

Walikota Bima Pimpin Jumat Bersih di Bantaran Sungai Padolo-Rontu
Walikota Bima saat memimpin kegiatan Jumat Bersih di bantaran Sungai Padolo-Rontu. Foto: Dok Prokopim

Walikota Bima didampingi Sekretaris Daerah Kota Bima H Mukhtar, Plt Kadis DLH, TNI/Polri, Kadis Perkim, Satpol PP, unsur dari KOTAKU, anggota TSBK, Lurah Rontu, dan masyarakat sekitar.

Kegiatan Jumat bersih dilaksanakan dalam rangka penanganan pembukaan jalan sepanjang bantaran sungai Rontu. Pada pagi itu pula, dilakukan gotong royong membantu warga yang belum menggeser bangunannya, karena kurangnya tenaga dan diperlukan bantuan alat berat. Terlihat masyarakat saling bahu membahu membantu agar kegiatan pembukaan jalan bisa terlaksana dengan baik.

Saat memberi arahan, Lutfi menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk penertiban bangunan-bangunan sepanjang sungai. Sebagaimana aturan tentang bangunan yang ada di sepanjang sungai dalam Permen PUPR Nomor 28 Tahun 2015 pasal 5 yang mengatur tentang Kriteria Penetapan Garis Sempadan paling sedikit berjarak 10 meter dari tepi kiri dan kanan palung sungai sepanjang alur sungai, dalam hal kedalaman sungai kurang dari atau sama dengan 3 meter.

“Tapi berdasarkan kesepakatan, Pemerintah Kota Bima mengambil keputusan hanya mengambil 5 meter. Jalan inspeksi yang nantinya akan dibuat sepanjang 800 meter ini dibangun dengan dana pelaksanaan dari Bank Dunia melalui program Kotaku,” jelasnya.

Walikota Bima juga berharap agar program ini benar-benar didukung oleh masyarakat sekitar, agar pelaksanaannya berjalan lancar dan benar-benar tertib. Sehingga kegiatan pembangunan bisa selesai tepat waktunya dan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Karena ini menyangkut citra warga Kota Bima dan bisa kembali dipercaya mendapatkan program yang sama untuk penanganan kekumuhan di wilayah lainnya.

“Nah, warga harus mendukung, tidak menghambat oleh karenanya bersama TNI, Polri, Satpol PP melakukan penertiban dan diharapkan tidak ada hambatan lagi ke depannya, karena apapun tujuan dari Pemerintah adalah memberikan yang terbaik untuk masyarakatnya,” ujar Walikota.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan gotong royong dan peninjauan di sepanjang bantaran sungai Padolo-Rontu. Terlihat Walikota Bima berkomunikasi bersama warga sembari menyerap beberapa aspirasi masyarakat di Kelurahan Rontu.

*Kahaba-01

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terbaru