oleh

Dinas Dikbud Verfal PKBM Agar Dana Kesetaraan Tepat Sasaran

-Kabar Kota Bima-187 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) melalui Bidang PNF melaksanakan kegiatan verifikasi faktual (verfal) dengan sejumlah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang tersebar di Kota Bima.

Jajaran Bidang PNF Dinas Dikbud saat melaksanakan Verfal Program Kesetaraan disalah satu PKBM. Foto: Ist

Kabid PNF Dinas Dikbud Kota Bima A Hafid menyampaikan, pelaksanaan verfal tersebut direncanakan berlangsung sampai tanggal 26 Februari 2021 mendatang, dengan jumlah sebanyak 21 lembaga.

“Tujuan kegiatan ini untuk memastikan PKBM yang kami lalukan monitoring untuk mendapatkan dana kesetaraan mulai dari paket A, B dan C,” ujarnya, Senin (8/2).

Hafid menuturkan, selama proses verfal pihaknya akan mengecek sejumlah item administrasi yang disediakan lembaga. Mulai dari jumlah dan data peserta didik, ijazah terkahir, Kartu Keluarga (KK), KTP, akta kelahiran dan beberapa data penunjang lainnya.

“Kunjungan kami juga ini untuk mengecek kesesuaian data dapodik yang diinput lembaga masing-masing, sehingga dapat disinkronkan berdasarkan kondisi di lapangan,” katanya.

Ia menambahkan, setelah rangkaian verfal selesai dan lembaga tersebut dinyatakan memenuhi syarat, selanjutnya akan menyampaikan proposal pelaksanaan kegiatan lembaga dalam kalender kegiatan program kerja.

Setelah proposal ini diterima dan lolos sehingga berhak mendapatkan bantuan dana kesetaraan. Tapi ini dana bantuan awal, karena secara aturan anggaran tersebut cair dalam 2 kali setahun.

“Untuk bantuan dana tahap II akan dicairkan setelah menyerahkan laporan hasil kegiatan tahap I selesai,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru