oleh

DPRD Kota Bima Bimtek Peningkatan Fungsi Penganggaran dan Pengawasan

Kota Bima, Kahaba.- DPRD Kota Bima selama 5 hari melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka peningkatan kapasitas untuk pelaksanaan tugas Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Bima, di Hotel Grand Legi.

DPRD Kota Bima Bimtek Peningkatan Fungsi Penganggaran dan Pengawasan
Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan saat membuka Bimtek di Mataram. Foto: Ist

Kegiatan yang bekerjasama dengan Universitas Mataram (Unram) itu dibuka hari ini Selasa (9/2) dan berakhir pada tanggal 12 Februari 2021 dengan pemateri dari Bappeda Provinsi NTB dan BKPSDM Provinsi NTB.

Sekretaris DPRD Kota Bima H A Wahid mengatakan, Bimtek dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan dan meminta kepada seluruh anggota dewan untuk mengikutinya dengan seksama dan serius, agar bisa meningkatkan pelaksanaan tugas sebagai wakil rakyat.

“Materinya difokuskan pada fungsi penganggaran dan pengawasan,” ujarnya.

Diakui Wahid, saat itu Ketua DPRD menyampaikan, dewan sebagai lembaga yang sangat strategis tidak saja menjadi pilar penting daerah, tetapi juga berperan sebagai check and balance penyelenggaraan pemerintahan terhadap eksekutif. Strategisnya lembaga tersebut, menuntut kapasitas kelembagaan yang setara dan kemampuan sumberdaya manusia (anggota DPRD) yang memadai.

“Tanpa itu, sulit bagi DPRD, baik secara kelembagaan maupun secara personil, untuk melaksanakan fungsinya secara optimal, baik fungsi legislasi, anggaran, maupun pengawasan,” terang Wahid mengutip uraian Ketua DPRD Kota Bima.

Mengingat strategisnya keberadaan DPRD, maka upaya-upaya untuk memperkuat kelembagaan dan meningkatkan kemampuan anggota DPRD harus terus dilakukan secara berkelanjutan, dengan cakupan substansi yang lebih komprehensif dan mendorong partisipasi anggota dewan yang lebih luas, dengan desain kegiatan yang lebih sesuai, dan dengan pilihan-pilihan metode pembelajaran yang lebih tepat.

Ia menambahkan, Bimtek ini juga untuk memberikan pemahaman kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Bima tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) agar dapat dimplementasikan dalam kegiatan perencanaan dan pengawasan tugas legislatif.

“Selain itu memberikan pemahaman dan pendalaman bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Bima tentang mekanisme pelaksanaan Musrembang sampai terwujudnya RKPD agar benar benar sesuai dengan harapan,” jelasnya.

*Kahaba-01

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terbaru