oleh

Pelayanan E-KTP, Petugas Dinas Capil Sambangi Rumah Warga Lansia

-Kabar Kota Bima-144 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Banyaknya masyarakat yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), terutama lanjut usia (lansia), mengharuskan Dinas Catatan Sipil (Capil) Kota Bima turun langsung ke rumah warga untuk dilakukan perekaman E-KTP.

Petugas Dinas Capil saat melakukan perekaman E-KTP untuk Lansia di Kelurahan Dara. Foto: Ist

Kepala Dinas Capil Kota Bima Hj Mariamah menyampaikan, pelaksanaan kegiatan itu setelah menerima informasi dari pemerintah kelurahan, terkait warga lansia yang belum memiliki E-KTP.

“Setelah mendapat informasi tersebut, tim kami langsung turun ke rumah warga dan melakukan perekaman,” ujarnya,Jumat (19/2).

Mariamah mengaku, berdasarkan hasil koordinasi dengan pemerintah kelurahan terkait bahwa lansia yang belum memiliki e-KTP karena beberapa kendala. Seperti soal biaya, lupa menyimpan dan terjatuh saat melakukan aktifitas di luar rumah.

“Setelah pembuatan E-KTP, kami menyampaikan pada lansia agar menyimpan kartu tersebut dengan baik, supaya tidak hilang lagi,” harapnya.

Mantan Kabag Hukum Setda itu menambahkan, bagi masyarakat yang ingin membuat dokumen seperti E-KTP, akta kelahiran dan KK, pihaknya telah menyediakan layanan mobile. Artinya masyarakat tidak perlu mendatangi kantor setempat, api langsung berkomunikasi dengan petugas yang akan membantu.

“Layanan mobile ini juga bagian dari upaya pemerintah dalam menanggulangi Covid-19, karena masyarakat tidak datang berkerumun di kantor Dinas Capil,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru