oleh

KPN Sabua Ade Gelar RAT, Pengurus Baru Diminta Memajukan Koperasi

Kota Bima, Kahaba.- Guna melaporkan kondisi administrasi dan keuangan serta pelaksanaan kegiatan tahun buku 2020, Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Kasabua Ade menggelar kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT), di Gedung Seni Budaya (GSB), Kamis (4/3).

KPN Sabua Ade Gelar RAT, Pengurus Baru Diminta Memajukan Koperasi
Rapat Tahunan KPN Sabua Ade di Gedung Seni dan Budaya. Foto: Eric

Kegiatan dimaksud juga dihadiri Sekda Kota Bima H Mukhtar, Ketua KPN Sabua Ade Muhaimin, Kepala Dinas Koperindag A Haris serta perwakilan kepala OPD dan pejabat lainnya.

Ketua KPN Kasabua Ade Muhaimin saat sambutannya menyampaikan ucapan syukur serta terima kasih kepada seluruh pengurus yang telah bekerja maksimal setahun terakhir. Meskipun harus diakui pada perjalanan tahun kemarin, terdapat penurunan pendapatan karena Pandemi Covid-19.

“Melalui RAT ini juga kami sampaikan penurunan pendapatan ini juga disebabkan banyaknya ASN yang keluar menjadi anggota koperasi. Sehingga terjadi penyusutan mencapai Rp 400 juta,” ungkapnya.

Muhaimin menjelaskan, dengan adanya penurunan pendapatan itu, ia berharap pada pengurus baru yang sebentar lagi akan dipilih dan terbentuk, agar bisa meningkatkan kembali pendapatan koperasi dengan melakukan program terobosan baru.

“Kami berharap ke depan pengurus baru yang terbentuk bisa meningkatkan peran aktif anggota dalam membesarkan koperasi. Seluruh anggota juga bisa memberikan saran untuk kemajuan koperasi,” katanya.

Sementara itu Sekda Kota Bima H Mukhtar mengatakan, dengan adanya laporan penyusutan pendapatan, pengurus diminta untuk berkoreksi diri, baik dari sisi administrasi dan banyaknya anggota yang mengundurkan diri.

“Kami meminta pada seluruh kepala OPD untuk memberikan pemahaman kembali pada ASN agar bisa ikut menjadi anggota koperasi, terutama yang belum menjadi anggota,” sarannya.

Sekda menjelaskan, pentingnya ikut serta dalam koperasi, selain membantu ASN meminjam modal untuk kepentingan usaha dan lainnya, juga karena memiliki bunga ringan yakni hanya 1,2 persen.

Maka dari itu, pengurus koperasi beserta anggota yang baru dibentuk nanti, diminta untuk lebih aktif menjalankan program untuk keberlanjutan roda koperasi. Apalagi berdasarkan laporan masih banyak yang menunggak pengembalian pinjaman koperasi.

Pantauan media, setelah melalui proses penjaringan dan pemilihan. Hasil pemilihan dari 3 kandidat calon ketua KPN Kasabua Ade terdiri dari H Supratman, H Tafsir dan H Fakhrunrazi, terpilih menjadi ketua masa bhakti 2021-2023 yakni H Fakhrunrazi.

*Kahaba-04

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terbaru