oleh

LPA Ajari Siswa-Siswi TK Yaa Karim Lindungi Diri dari Predator Anak

-Kabar Kota Bima-156 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Bima memberi edukasi kepada anak bagaimana cara melindungi diri dari predator anak. Kegiatan edukasi tersebut diawali dari TK Yaa Karim, saat menyambangi Kantor LPA Kota Bima, Kamis (4/3).

LPA Kota Bima saat mengedukasi anak-anak agar bisa melindungi diri dari predator anak. Foto: Eric

Di hadapan anak-anak, Ketua LPA Kota Bima Juhriati menerangkan beberapa bagian tubuh mana saja yang boleh disentuh oleh orang lain, dan mana yang tidak boleh disentuh dan dilihat orang lain. Agar edukasi ini mudah dipahami, pihaknya merangkaikan dalam sebuah lagu.

“Dengan menerangkan melalui lagu, anak-anak mudah menyerap dan mengerti apa yang disampaikan. Sehingga ke depan mereka bisa tahu apa yang bisa dilakukan dan tidak,” ujarnya.

Kata Juhriati, melalui kegiatan ini anak bisa mengetahui bagian-bagian tubuh yang dimiliki adalah hak tunggalnya, sehingga tidak boleh sembarang disentuh orang lain.

Ia memberi contoh, anak laki-laki diajarkan bagian sensitifnya tidak boleh dipegang oleh orang lain, bahkan itu keluarganya. Hal yang sama juga harus disampaikan ke anak perempuan, bahwa yang boleh dilihat dan disentuh orang lain hanya bagian wajah dan telapak tangan.

Berdasarkan jadwal LPA yang telah diprogram, pihaknya akan mengelilingi sekolah-sekolah dengan prioritas pada tingkat PAUD, SD, kemudian dilanjutkan ke tingkat SMP dan SMA. Gerakan edukasi ini rutin dilakukan, agar anak bisa menjaga diri meski tidak ada orang tua di sampingnya.

“Karena pada kenyataannya, kekerasan seksual yang diperoleh anak ini terjadi ketika mereka sedang tidak berada di bawah pengawasan orang tua,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru