oleh

Kemarau Panjang Bakal Terjadi di Kota Bima, Krisis Air Bersih Akan Semakin Meluas

-Kabar Kota Bima-631 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menginformasikan bahwa dalam beberapa bulan ke depan musim kemarau diperkirakan akan lebih panjang disertai krisis air bersih.

Kabid Kedaruratan Bencana dan Logistik BPBD Kota Bima Nazamudin. Foto: Ist

Kabid Kedaruratan Bencana dan Logistik BPBD Kota Bima Nazamudin menyampaikan,
perkiraan kemarau panjang ini berdasarkan informasi dari BMKG yang menyatakan Bima mulai memasuki musim kemarau pada bulan Maret hingga Desember mendatang.

“Berdasarkan data dari BMKG, musim kemarau diperkirakan sampai akhir tahun,” ujarnya, Selasa (15/3).

Jika merujuk data tahun lalu kata pria akrab disapa krisna itu, jumlah kelurahan yang terdampak kekeringan akibat kemarau sekitar 20 kelurahan. Sedangkan tahun ini semakin meluas hingga mencapai 30 kelurahan. Sedangkan krisis air hanya beberapa kelurahan karena air PDAM tidak ada.

“Untuk persoalan krisis air, saat ini kami sudah menyiapkan antisipasi pemenuhan air bersih bagi wilayah-wilayah yang akan kesulitan mengakses air. Terutama menyalurkan bantuan air ketika ada permintaan warga yang membutuhkan,” katanya.

Ditanya aksi penanganan yang dilakukan BPBD, Krisna mengaku pihaknya masih akan fokus pada suplai air bersih berdasarkan permintaan warga. Selain itu akan berkoordinasi dengan BNPB terkait pengadaan tandon air untuk daerah-daerah yang dilanda kekeringan.

“Akan ada ratusan tandon air untuk daerah dari BNPB. Kita sedang dalam upaya koordinasi,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru