Kabar Kota BimaKabupaten Bima

Bahas Bentuk PDAM Regional Bima, Pemerintah Kota dan Kabupaten Bima Gelar Rakor

223
×

Bahas Bentuk PDAM Regional Bima, Pemerintah Kota dan Kabupaten Bima Gelar Rakor

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Walikota Bima H Muhammad Lutfi menyambut kedatangan jajaran Balai Sarana dan Permukiman Wilayah NTB, Wakil Bupati Bima dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bima dalam rangka Rapat Koordinasi (Rakor) Pembahasan Pembentukan PDAM Regional Bima, di Ruang Rapat Walikota Bima Rabu (17/3).

Bahas Bentuk PDAM Regional Bima, Pemerintah Kota dan Kabupaten Bima Gelar Rakor - Kabar Harian Bima
Pembahasan rencana pembentukan PDAM Regional Bima. Foto: Dok Prokopim

Pertemuan ini pula dirangkaikan dengan serah terima aset Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Perdesaan Padat Karya Tahun Ajar 2019-2020 dan presentasi terkait hasil Reviu Dokumen Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum (RISPAM) Kota Bima.

Bahas Bentuk PDAM Regional Bima, Pemerintah Kota dan Kabupaten Bima Gelar Rakor - Kabar Harian Bima

Walikota Bima memimpin rapat tersebut dengan agenda membahas terkait Serah Terima Aset SPAM Perdesaan Padat Karya serta pendirian Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda) PDAM Regional, dimana merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintah Kota Bima dengan Pemerintah Kabupaten Bima.

Mengawali rapat tersebut, Ketua Balai Sarana dan Permukiman Wilayah NTB, Ika Sri Rejeki berharap segala syarat dalam proses pembentukannya dapat dikaji dengan baik serta siap mendukung langkah yang diambil oleh pemerintah.

“Kami siap mendukung usulan dari kabupaten maupun Kota Bima ini. Kami mendukung yg terbaik untuk masyarakat. Khususnya untuk air minum,” ujarnya.

Langkah ini disambut penuh oleh semua pihak terkait, baik dari pihak Kabupaten Bima maupun Kota Bima. Diharapkannya dengan lahirnya Perusahaan Air Daerah ini, mampu menjadi sumber air baku bagi masyarakat, juga sebagai bentuk kerjasama dan komitmen Pemerintah Kabupaten dan Kota Bima untuk kesejahteraan masyarakat Bima.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Bima, H Dahlan M Nur saat sambutannya dengan semangat menerima secara terbuka langkah positif tersebut. Harapnya agar sinergitas dari berbagai pihak bisa terjalin dengan baik, agar kepentingan masyarakat akan kebutuhan air bersih bisa terpenuhi.

“Semoga kami bisa bersinergi dengan baik, dalam hal pembangunan sumber daya air. Terkait air minum ini adalah prioritas kami. Dengan dukungan dari berbagai pihak, kita bisa selesaikan kebutuhan air minum untuk masyarakat,” pungkasnya.

Sejalan dengan itu, Walikota Bima menambahkan tentang pentingnya sebuah pengkajian yang mendasar dan mendetail terkait perencanaan tersebut, mengingat bahwa harapan masyarakat berada di pundak para pemimpin dan pemangku kewajiban.

Dengan adanya PDAM Regional nantinya, bisa di kelola dengan baik dan tegas, berlandaskan pada regulasi yang mengikat dan hukum yang jelas, terlebih pada pembenahan-pembenahan pada sistem yang dirasa masih perlu perbaikan.

“Yang kita inginkan ke depan, kalau PDAM ini ada, bisa ter set up dalam satu sistem yang baik, sehingga tegas dan berdaya dalam menertibkan dan membangun kepastian,” jelasnya.

Di akhir arahannya, Lutfi berharap dan percaya bahwa dengan adanya PDAM Regional ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik di Kabupaten maupun di Kota Bima. Selain itu juga dengan kerjasama yang terjalin bisa menjadi simbol kekuatan pemerintah daerah yang berkomitmen dalam mensejahterakan masyarakat Bima.

“Saya percaya, PDAM kelak akan dikelola dengan profesional karena bersandar pada regulasi yang benar benar baku dan jelas. Dengan koordinasi yang cepat dan komitmen pemerintah, tentunya akan berdampak positif bagi masyarakat Bima secara luas,” tambahnya.

*Kahaba-01