oleh

Jadi Preseden Buruk, Musrenbang Kota Bima Abaikan Jadwal Perencanaan

Kota Bima, Kahaba.- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Solidaritas untuk Demokrasi (Solud) NTB Dedy Mawardi mengeritik pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Pemerintah Kota Bima tiap tingkatan, karena mengabaikan jadwal perencanaan yang sudah diatur dalam regulasi.

Jadi Preseden Buruk, Musrenbang Kota Bima Abaikan Jadwal Perencanaan
Sekjen Solud NTB Dedy Mawardi. Foto: Bin

Menurut dia, perencanaan pembangunan berpedoman pada Permendagri Nomor 90 tahun 2019 yang dimutakhirkan dengan Kepmendagri 050/3087 tahun 2020. Regulasi tersebut memuat tata perencanaan mulai dari tingkat bawah, dan dilaksanakan sesuai jadwal.

“Ini jadi preseden buruk. Tidak pernah dialami oleh Pemerintah Kota Bima sebelumnya. Ini pertama kali di Kota Bima, alasannya pun mengada-ngada, seperti anggaran Musrenbang yang dipakai untuk kegiatan MTQ tingkat kelurahan,” sorotnya, Rabu (7/4).

Terkait perencanaan pembangunan kata Dedy, berdasarkan regulasi pada bulan Januari sudah dimulai di tingkat kelurahan, lalu pada bulan Februari digelar Musrenbang di tingkat Kecamatan.

Pada bulan Maret, Forum SKPD melaksanakan Penyusunan Renja SKPD dan pada bulan yang sama dihelat Musrenbang Kota Bima.

“Tapi justru pelaksanaan Musrenbang di Kota Bima mulai tingkatan dilaksanakan buru-buru,” katanya.

Dengan adanya perencanaan yang tidak sesuai jadwal ini sambungnya, dampaknya tidak menghasilkan kualitas perencanaan yang baik, serta tidak sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada.

“Sehingga bisa jadi muncul program program yang tiba masa, tiba akal,” kritiknya.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru